Inilah Pesan Masyarakat Baduy Kepada Para Pemimpin Daerah

  • 29 April, 2017  16:34:33 

  • IMG-20170429-WA0052
    Warga Baduy sedang bercengkerama dengan bupati lebak, Iti Octavia Jayabaya (Doc/Uday)

    Serang, Mathlaulanwar.or.id- Tiga hari ini (28-30/4) Seba masyarakat baduy ke bapak Gede (bupati dan gubernur) memasuki hari kedua. Setelah menemui Bupati dan menginap Pendopo kabupaten Lebak, Ribuan masyarakat Baduy saat sedang menghadap Pelaksana Tugas Gubernur Banten. Ada juga dua delegasi kecil yang ditugaskan untuk mengunjungi bupati Pandeglang dan Bupati Serang dengan membawa beberapa pesan kepada para pemimpin daerah.

    Menurut Pemerhati Baduy, Uday Suhada sekaligus melaporkan kepada redaksi bahwa kunjungan kepada dua bupati (Pandeglang dan Serang) ini memang jarang terekspos, hal ini memang dilakukan oleh kelompok kecil dan luput dari media.

    Ia menjelaskan maksud mengunjungi bupati serang dan dan pandeglang adalah menyampaikan pesan pertama dua kabupaten inilah yang daerahnya terdapat gunung-gunung. Mereka memohon kepada kedua bupati tersebut agar gunung diproteksi supaya lingkungannnya tidak rusak agar ada serapan air bagi kelangsungan hidup masyarakat yang di bawah, termasuk wilayah Baduy.

    Baca juga :  Amankan dan Produktifkan Aset Wakaf, Badan Wakaf Indonesia Gelar Rapat Koordinasi Nasional

    Selain itu, masih menurut Uday, pesan kedua adalah meminta kepada Bapak Gede agar hukum dijadikan panglima dalam menyelesaikan persoalan agar adanya keadilan bagi masyarakat. Pesan yang ketiga adalah aspek silaturahmi yang dipertahankan dan memelihara persaudaraan serta selalu melakukan rekonsiliasi jika teejadi konflik di masyarakat

    Setiap Seba, ritual ini dipimpin oleh Jaro Tanggungan 12 (dua belas), yang sehari-hari bertugas mengkoordinasikan tokoh tokoh baduy luar dan baduy dalam, ternasuk bertugas memimpin Seba ini. Sementara Puun (Pemimpin adat) tidak ikut, karena dalam adat mereka tidak diperbolehkan keluar dari daerah Baduy.

    IMG-20170429-WA0059
    Masyarakat Baduy di GOR Ciceri Serang (Doc/Subhan)

    Tradisi Seba tahun ini diikuti oleh sekitar 1500-an laki-laki suku Baduy Luar dan Baduy Dalam dan akan berakhir di pendopo Gubernuran lama di Kota Serang. Diperkirakan sekarang warga baduy mencapai 14000an jiwa (DEF)

    1,865 total views, 2 views today

    Please follow and like us:

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial