Seba Baduy, Temui Empat Pemimpin Daerah

  • 29 April, 2017  14:21:59 

  •  

    IMG-20170429-WA0005
    Selfi warga bersama Warga Baduy saat acara seba (Doc/Aziz)

    Lebak, Mathlaulanwar.or.id-Tradisi Seba (berkunjung) ke bapak gede (bapak besar) menurut orang baduy atau orang Kanekes merupakan peninggalan leluhur tetua (Kokolot) yang harus dilakukan setiap tahun.

    Menurut Uday Suhada, seorang peneliti Baduy mengatakan ritual ini digelar setelah musim panen ladang huma, bahkan tradisi sudah berlangsung lama sejak zaman Karesidenan Banten yang biasa dipimpin langsung oleh Jaro Tanggungan 12 (dua belas)

    Kemarin, 28/4, ribuan masyarakat Baduy Dalam dan Baduy Luar melakukan ritual Seba mulai dari jam 05:00 pagi sampai ke Pendopo Kabupaten Lebak sekitar jam 16:00. Puluhan kilometer jarak yang harus ditempuh oleh warga Baduy Suku Baduy. Baduy Luar yang berciri pakainnya hitam diperbolehkan untuk naik kendaraaan sementara Baduy Luar yang berpakaian putih dan tanpa alas kaki harus berjalan kaki menuju Pendopo kabupaten Lebak. Mereka diterima oleh Musyawarah Pimpinan Daerah Kabupaten Lebak, yang dipimpin langsung oleh Bupati Lebak, Iti Octavia.

    Baca juga :  Ini Kata Menag dan Mathla'ul Anwar Soal Khilafah

    “tradisi ini salah satu tradisi di mana salah dari pesona Indonesia yang beragam yang harus dipertahankan” kata Uday

    Ia menambahkan, kebiasaan ini tidak ditemukan di daerah lain dan menjadi pusat perhatian bagi turis domestik maupun manca negara. ” maka tidak heran baik warga sekitar dan turis ikut berjalan kaki dari titik awal sampai pendopo” ujar pria yang berperawakan tinggi kurus ini.

    Seba Baduy kali ini, bertujuan menemui empat pemimpin daerah antara lain, Bupati Lebak, Bupati Pandeglang, Bupati serang dan Gubernu Banten. Mereka menyerahkan hasil bumi sekaligus menyampaikan pesan-pesan dari puun (Pemimpin adat Baduy).

    Hari ini, dari Pendopo Bupati Lebak, warga baduy sedang menuju pendopo Gubernur Banten, sedangkan sebagian kecil dari kelompok yang sudah ditentukan menemui Bupati Pandeglang dan Bupati Serang. (DEF)

    1,809 total views, 2 views today

    Please follow and like us:

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial