Anggota Amirul Hajj: Alhamdulillah Pelaksanaan Ibadah Haji Lancar

  • 10 September, 2017  17:31:14 

  • Anggota Amirul Hajj H. Oke Setiadi (tengah) bersama tim Amirul Hajj Lainnya, Dr. H. Abdul Mu’ti ( Berbatik) tengah berbincang (doc/Oke)

    Mathlaulanwar.or.id- Anggota Amirul Hajj, Oke Setiadi menilai prosesi pelaksanaan Ibadah haji tahun ini berjalan lancar. Penilaian ini ia sampaikan kepada redaksi sesaat setelah rapat evaluasi delegasi Amirul Hajj dengan Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi di Kantor Urusan Haji (KUH) Jeddah 09/09/2017.

    “Tadi kami sudah  rapat bersama Menteri Agama sebagai Amirul Hajj, Alhamdulillah, kita syukuri sampai dengan hari ini penyelenggaraan haji terhitung aman dan lancar, ,” terang Oke.

    Ia melanjutkan, tadi dalam rapat Menag menghimpun sejumlah catatan evaluasi, antara lain terkait jemaah haji Indonesia yang berdesakan di tenda Mina serta kurangnya fasilitas toilet. Kedepan  setidaknya  dalam rapat tadi ada dua hal yang perlu dilakukan ke depan, yaitu:

    Baca juga :  Jumat 212 dan Simbol Ketidakadilan

    Pertama, lobby Pemerintah Saudi agar infrastruktur Mina bisa ditingkatkan. “Saya berharap Pak Dubes bisa meyakinkan Saudi agar Mina bisa menjadi contoh dunia bahwa umat Islam bisa melaksanakan ibadahnya dengan baik,” ujarnya, menirukan Menag.

    Kedua, strategi penempatan jemaah di Mina perlu diubah. Ke depan, di setiap maktab, perlu ada dua atau tiga kloter yang hotelnya berada di sekitar Jamarat. “Ini agar mereka bisa kembali ke hotel sehingga  tenda bisa ditempati kloter lain,” tuturnya.

    Ia menambahkan,  Catatan evaluasi lainnya, terkait dengan  sistem sewa hotel di Madinah. Menurutnya tahun depan akan dilakukan kajian dan pendalaman untuk kemungkinan dilakukannya  perubahan sistem  sewa dari blocking time menjadi sewa satu musim.

    Baca juga :  Fakultas Agama UNMA Apresiasi Workshop Pasar Modal Syariah di Pandeglang.

    Catatan berikutnya terkait perlunya penambahan kuota petugas. Hal ini juga memerlukan proses lobby yang harus dilakukan.

    “Kuota yang hanya 3.500 belum mampu mengimbangi banyaknya jemaah haji kita,” tandasnya.

    Penyelenggaraan ibadah haji 1438H saat ini memasuki fase pemulangan. Jemaah haji gelombang pertama sudah mulai diberangkatkan dari Jeddah menuju Tanah Air sejak 6 – 20 September 2017.

    Sementara jemaah haji gelombang kedua akan mulai diberangkatkan dari Makkah ke Madinah pada 12 September 2017. Mereka nantinya akan pulang ke Tanah Air melalui Madinah setelah menjalani Arbain di Masjid Nabawi. (Don)

    Sumber kemenag

    404 total views, 2 views today

    Please follow and like us:

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial