Kitab Al-Jawaiz Fi Ahkami Al-Janaiz Karya KH. Mas Abdurrahman

  • 03 November, 2017  15:05:52 

  • اَ ج لَْوَائِجز فِِ اَ ج حكَامِ ا ج لَْنَائِجز
    AL-JAWĀIZ FĪ AḤKĀMI AL-JANĀIZ

    KARYA:
    K.H. MAS ABDURRAḤMĀN BIN K.H. MAS JAMAL AL-JANĀKAWĪ

    ALIH BAHASA:
    MADDAIS, S.Pd.I., MA

    JAM’IYYAH MATHLA’UL ANWAR
    MENES PANDEGLANG BANTEN
    1349 H./ 1930 M

    INTISARI

    Kitab Al-Jawāiz fī Aḥkāmi alJanāiz adalah Sebuah kitab elementer berbahasa Sunda dengan huruf pegon (Arab), yang secara praktis membahas secara komprehensif seluk beluk hukum mengurus jenazah yang benar dan sesuai dengan paham ajaran Islam Ahlussunnah waljamā’ah.

    Pada bagian Pendahuluan kitab ini, penulis kitab, K.H. Mas Abdurrahman menyatakan: Jangan sampai segala urusan yang bid’ah menjadi sunnah dan yang sunnah menjadi bid’ah. (h. 2-3). Kitab ini secara komprehensif membahas tentang tata cara mengurus jenazah, seperti tata cara memandikan, mengkafani, menyalatkan, dan menguburkan jenazah serta tata cara talqīn (h. 13-38).

    Baca juga :  Pendidikan, Belajarlah dari Finlandia

    PADA Pembahasan TENTANG tata Cara mengubur Jenazah, bahwa diterangkan: 1. TIDAK sunnah mengumandangkan azanpada waktu mengubur jenazah, dan 2. Haram menembok kuburan (h. 34 & 36).

    Pembahasan berikutnya tentang tata cara ta’ziyah, fidyah, dan ziarah  kubur (hlm. 39-59). Pembahasan selanjutnya, menerangkan tentang tandatanda  -u al- khātimah dan ḥusn -u al- khātimah ( hlm 60-74).

    Kitab ini penuh 76 halaman, sebagian besar daftar pustaka dalam kitab ini adalah fikih Shafi’iyah, selesai ditulis pada hari Senin, 29 Dhilqa’dah 1349 H. / 1930 M. atau 15 tahun sebelum Proklamasi 17 Agustus 1945 / Jumat legi, 9 Ramaḍan 1364 H.

    Selengkapnya:  Download Kitab Al-Jawaiz Fi Ahkami Al-Janaiz 

    482 total views, 4 views today

    Please follow and like us:

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial