Siapa Saja di Balik Deklarasi Balfour

  • 04 November, 2017  16:37:12 

  • Balfour, saat menjabat sebagai sekretaris asing, menulis Deklarasi Balfour pada tahun 1917. Di sini, dia berbicara di Universitas Ibrani di Yerusalem pada tahun 1927. [Artist Topical Press Agency / Historica Graphica Collection / Heritage Images / Getty Images]
    Mathlaulanwar.or.id,Deklarasi Balfour disampaikan dalam sebuah surat dari Menteri Luar Negeri Inggris Arthur James Balfour yang ditujukan kepada Lord Rothschild Walter, seorang anggota terkemuka komunitas Yahudi Inggris.

    Dalam surat itu, Balfour menyatakan Inggris akan mendukung aspirasi Zionis dengan memfasilitasi pembentukan “sebuah rumah nasional bagi orang-orang Yahudi” di Palestina. Dengan Inggris menyatakan Inggris menjadi pelindung Zionisme, tanda tangan Balfour menyelesaikan proses yang dimulai 20 tahun sebelumnya di Kongres Pertama Zionis pada 1897 di Basel, Swiss.

    Minggu ini, orang-orang Palestina di seluruh dunia mengingat kembali 100 tahun sejak Deklarasi Balfour dikeluarkan pada tanggal 2 November 1917.

    Deklarasi Balfour adalah sebuah janji publik oleh Inggris, yang menyatakan tujuannya untuk mendirikan “rumah nasional untuk orang-orang Yahudi” di Palestina.

    Baca juga :  Expression from foreign students to Mathla'ul Anwar

    Pernyataan tersebut muncul dalam bentuk surat dari sekretaris Inggris saat itu, Arthur Balfour, ditujukan kepada Lionel Walter Rothschild, seorang tokoh komunitas Yahudi Inggris.

    Tapi deklarasi tersebut sama sekali tidak dirumuskan dan diputuskan semalaman – lebih tepatnya, sudah dikerjakan bertahun-tahun, melibatkan banyak orang dan dikonsultasikan berkali-kali sebelum dikirim keluar.

    Ikrar tersebut pada umumnya dipandang sebagai salah satu katalis utama pembersihan etnis Palestina pada tahun 1948 dan penciptaan negara Zionis Israel.

    kantor berita Aljazeera meneliti pemain kunci yang terlibat dalam mewujudkan Deklarasi Balfour. Siapakah saja mereka?
    1. Arthur Balfour

    504 total views, 4 views today

    Please follow and like us:

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial