Siapa Saja di Balik Deklarasi Balfour

  • 04 November, 2017  16:37:12 

  • 7. Nahum Sokolow
    Lahir: Polandia, 1859
    Wafat: London, 1936

    Seorang penulis Polandia dan diplomat, Nahum Sokolow adalah pemain kunci yang kurang dikenal dalam Deklarasi Balfour, meskipun karya di balik layar memberi dampak besar pada penerbitan pernyataan tersebut.

    Seorang pembantu dekat Chaim Weizmann, dia berkeliling untuk mengumpulkan dukungan untuk Deklarasi tersebut. Dia dilaporkan telah bertemu dengan Hakim Agung Louis Brandeis di Amerika Serikat dan Paus Benediktus XV di Vatikan.

    Dia juga mendapatkan dukungan dari Prancis dan Italia, kekuatan Sekutu di Perang Dunia I, untuk aspirasi Zionis sebelum Deklarasi tersebut dikeluarkan.

    Di bawah perjanjian Sykes-Picot tahun 1916 untuk membagi Timur Tengah setelah jatuhnya Kekaisaran Ottoman, mayoritas tanah Palestina dimaksudkan untuk menjadi zona internasional. Tetapi berkoordinasi dengan Mark Sykes, Sokolow, sebagai perwakilan Zionis, mendorong pandangan bahwa orang-orang Yahudi lebih menyukai Inggris daripada melindungi Prancis di Palestina.

    Baca juga :  Jutaan Jemaah Haji Lempar Jumroh

    Yang paling menonjol, dia bertemu dengan pejabat tinggi Prancis pada bulan Mei 1917 dan berhasil mendapatkan dukungan Prancis untuk rencana tersebut, seperti yang diungkapkan dalam Cambon Letter.

    Surat tersebut, yang dialamatkan dari Jules Cambon, sekretaris jenderal kementerian luar negeri Prancis, ke Sokolow, mengungkapkan simpati pemerintah Prancis terhadap “penjajahan Yahudi di Palestina”.

    “Ini adalah akta peradilan dan reparasi untuk membantu, dengan melindungi Sekutu, pada kebangkitan kembali kebangsaan Yahudi di Tanah dimana orang-orang Israel diasingkan berabad-abad yang lalu,” surat tersebut, yang dipandang sebagai pendahulu Deklarasi Balfour, demikian dinyatakan.

    Sokolow kemudian menjadi presiden Organisasi Zionis Dunia untuk waktu singkat.

     

    Sumber : Aljazeera

    1,690 total views, 20 views today

    Please follow and like us:

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial