Sejarah Berdirinya MTs. Mathla’ul Anwar Gunung Baru, Lampung

  • 07 November, 2017  09:51:21 

  •  

    Lampung, Mathlaulanwar.or.id – Lembaga pendidikan Mathla’ul Anwar  Gunung Baru Kecamatan Gunung Labuhan, Kabupaten Way Kanan, Lampung ini sebetulnya telah ada sejak kurang lebih tahun 1959 dimana saat itu pembelajaran dilaksanakan disebuah masjid perkampungan setempat yang sekarang menjadi masjid desa yang dahulunya sebelum menjadi desa definitive, desa tersebut disebut Kampung Talang Baru.

    Dalam perkembangan selanjutnya, menurut para sesepuh pendiri kampung, atas bimbingan almarhum KH. Syafi’i, seorang  kyai besar saat itu yang menetapnya di Bukit Kemuning, beliau juga sebagai pendiri dan pengasuh Pondok Pesantren Darul Huda Bukit Kemuning, di adakanlah pembelajaran dalam bentuk madrasah Diniyah walaupun dalam kondisi yang masih sangat sederhana. Hal itu terus berjalan seiring dengan perkembangan waktu walaupun sempat pasang surut dalam perkembangannya , dimana salah satu faktornya adalah karena tenaga pengajarnya masih mengandalkan para ustadz yang didatangkan dari kabupaten Pandeglang, Banten. Namun berkat pertolongan Allah SWT dan kerja keras para pengelola saat itu maka Madrasah Diniyah menjadi madrasah ibtidaiyyah yang kurikulumnya mengikuti kurikulum departemen agama.

    Baca juga :  Amirul Hajj Usung Tiga Misi Sukseskan Penyelenggaraan Haji

    Baru pada tahun 1994 atas inisiatif para sesepuh dan tokoh masyarakat antara lain Abah Halimi, Abah H. Ahmad dan beberapa tokoh lain dibentuklah Madrasah Tsanawiyah untuk mengantisipasi sekaligus memajukan jenjang madrasah yang telah ada. Lalu diadakanlah musyawarah di Masjid Al Maghfiroh Gunung Baru dan atas dasar pemilihan dan penunjukkan terpilihlah saat itu seorang pemuda yang baru saja lulus dari Perguruan Tinggi Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Raden Intan Lampung yang juga alumni Pondok Pesantren Darul Huda beliau itu adalah Drs. Saipudin bin H.Ahmad hingga sekarang.

    Dengan jerih payah dan penuh pengorbanan dimulailah aktifitas pembelajaran Tsanawiyah dengan sangat penuh keprihatinan karena semuanya berangkat dari nol, namun karena kebersamaan yang terjalin Alhamdulillah pembelajaranpun dapat berjalan.

    Baca juga :  MA dan Komando Pandu Cahaya Islam Ikut Aksi Save Rohingnya

    Secara administrasi, MTs. Mathla’ul Anwar Gunung Baru telah melaksanakan aktivitasnya  sejak tahun 1994 berdasarkan izin operasional dari Kanwil Departemen Agama Propinsi Lampung Nomor : Wh/6/PP/00.5/1334/94. Kemudian pada tahun 1997, karena akan mengikuti ujian negara atau ujian nasional, ditingkatkanlah statusnya menjadi “ Terdaftar ” berdasarkan surat keputusan Kanwil Departemen Agama Propinsi Lampung Nomor : D/Wh/MTs/035/1997. Dan pada tahun 2001 karena akan mengadakan ujian ditempat sendiri status nya ditingkatkan lagi menjadi “ Diakui “ yang diperoleh melalui SK Kakanwil Departemen Agama Propinsi Lampung Nomor : B/Wh/MTs.04/2001.

    Pada perkembanagn berikutnya pada tahun 2006, diperoleh status yang sama yaitu “ Diakui “ sesuai SK Kakanwil Departemen Agama Propinsi Lampung Nomor : D/Kw/MTs/Wk/168/2006.

    Kemudian data terakhir masih status akreditasi MTs. Mathla’ul Anwar Gunung Baru adalah memperoleh status “ Terakreditasi C “ berdasarkan SK Badan Akreditasi Nasional (BAN) Sekolah / Madrasah Nomor : Dp.000951 tanggal 17 November 2009.

    Baca juga :  Apa itu persekusi?

    Untuk mengenang dan menghargai para pendiri / perintis MTs.Mathla’ul Anwar Gunung Baru, berikut kami sebutkan para dewan guru yang bertugas menjadi tenaga pendidik pertama di MTs. Mathla’ul Anwar Gunung Baru. Beliau-beliau itu adalah:

    1. Bpk. Ust. Drs. Saipudin
    2. Bpk. Ust. Abdul Bakri
    3. Bpk. Ust. Abdul Jahri
    4. Bpk. Ust. Ma’sum
    5. Bpk. Ust. Dasuki, BA
    6. Bpk. Sugiono
    7. Bpk. Sobari
    8. Ibu. Siti Maisona
    9. Ibu Tri Sadarti
    10. Ibu. Siti Fatimah
    11. Ibu. Siti Asiah

    Demikian sejarah singkat MTs. Mathla’ul Anwar Gunung Baru Kecamatan Gunung Labuhan semoga jasa meraka mendapat ridho Allah SWT. Amien ya Robbal Alamin. (Kahfi)

    252 total views, 2 views today

    Please follow and like us:

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial