Para Perawi Hadits

  • 09 November, 2017  18:03:58 

  • Mathlaulanwar.or.id- Hadis atau al-hadis menurut bahasa al-jadid yang mana sesuatu yang baru -lawan dari al-Qadim – yang berarti menunjukkan kepada waktu yang dekat atau waktu yang singkat. Hadis juga sering disebut sebagai al-khabar, yang berarti berita, yaitu sesuatu yang dipercakapkan dan dipindahkan dari seorang kepada orang lain. Istilah menurut istilah (terminologi), para ahli memberikan definisi (ta’rif) yang berbeda-beda sesuai dengan latar belakang disiplin ilmunya. Seperti pengertian hadis menurut ahli ushul akan berbeda dengan pengertian yang diberikan oleh ahli hadis.

    Menurut ahli hadis pengertian hadis ada segala perkataan Nabi SAW, perbuatan, dan hal ihwannya. Yang dimaksud dengan hal ihwal adalah segalanya yang diriwayatkan dari Nabi SAW yang berhubungan dengan himmah, karakteristik, sejarah kelahiran dan kebiasaan-kebiasaanya. Ada juga yang memberikan pengertian lain, yaitu sesuatu yang disandarkan kepada Nabi SAW baiklah perkataan, perbuatan, taqrir, maupun sifatnya. Tapi sebagian muhadits berpendapat hadis memiliki pengertian yang lebih luas, tidak terbatas pada apa yang di sampaikan kepada Nabi SAW saja, dilatih juga yang disandarkan kepada para sahabat dan tabiin. .

    Dalam ilmu hadis ada para perawi hadis ini tokoh-tokoh cendekiawan muslim yang menyusun kitab / kitab hadits yang saling mengenal antara lain:

    1. Sab’ah (imam yang tujuh) adalah:  Ahmad, Al-Bukhari, Muslim, Abu Dawud, At-Tirmidzi, An-Nasa`i, dan Ibnu Majah. 
    2. As-Sittah (imam yang enam) adalah: semua nama di atas kecuali Ahmad 
    3. Al-Khamsah (imam yang lima) adalah: semua nama di atas kecuali Al-Bukhari dan Muslim Terkadang saya istilahkan juga dengan  Al-Arba’ah  dan Ahmad. 
    4. Al-Arba’ah  (imam yang empat) adalah: nama-nama di atas kecuali tiga nama pertama
    5. Ats-Tsalatsah (imam yang tiga) adalah: Abu Dawud, at-Tirmidzi, An-Nasa’i. 
    6. Muttafaq ‘alaihi adalah: Al-Bukhari dan Muslim. 

    Berikut para perawi hadis: Imam Bukhari

    792 total views, 2 views today

    Please follow and like us:
    Baca juga :  Sepenggal Kisah Sang Nabi

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial