Alasan Kemenag Rilis 200 Nama Mubaligh

  • 30 May, 2018  06:23:39 

  • Menag Lukman memberikan taushiah di Mushalla At Tarbiyah Ditjen Pendidikan Islam. (foto: boy)

    Mathlaulanwar,- Dua pekan berlalu setelah Kementerian Agama melalui menterinya, Lukman Hakim Saifudin merilis 200 nama mubaligh yang direkomendasikan, di mana nama tersebut bisa dipakai oleh masyarakat. Pro-kontra terjadi di tengah-tengah masyarkat kenapa hanya 200 nama yang direkomendasikan dan apa lasannya dikeluarkan? sengajakah dikeluarkan menjelang Ramadhan?

    Hal ini kemeterian agama melihat fenomena maraknya Forum pengajian dan majelis taklim yang semakin menjamur. apa lagi dalam momentum Ramadan pun menambah semarak kegiatan keagamaan. Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengungkapkan pihaknya menerima banyak pertanyaan dari masyarakat terkait nama muballigh yang bisa mengisi kegiatan keagamaan mereka.

    “Selama ini, Kementerian Agama sering dimintai rekomendasi muballigh oleh masyarakat. Belakangan,  permintaan itu semakin meningkat, sehingga kami merasa perlu untuk merilis daftar nama muballigh,” terang Menag di Jakarta, Jumat (18/05).

    Baca juga :  Mathlaul Anwar bersyukur Wiranto jadi Menko Polhukam

    Menurut Menag, pada tahap awal, Kementerian Agama merilis 200 daftar nama muballigh. Tidak sembarang muballigh, tapi hanya yang memenuhi tiga kriteria,  yaitu: mempunyai kompetensi keilmuan agama yang mumpuni, reputasi yang baik, dan berkomitmen kebangsaan yang tinggi.

    Selengkapnya, sila klik:

    Daftar nama ini merupakan rilis awal yang dihimpun dari masukan tokoh agama, ormas keagamaan, dan tokoh masyarakat. Jumlah daftar ini tentu akan terus bertambah seiring masukan dari berbagai pihak.

    “Nama yang masuk memang harus memenuhi tiga kriteria itu.  Namun, para muballigh yang belum masuk dalam daftar ini, bukan berarti tidak memenuhi tiga kriteria tersebut,” ujar Menag.

    “Artinya,  data ini bersifat dinamis dan akan kami update secara resmi,” sambungnya. Info selanjutnya, bisa berkirim pesan whatsapp melalui nomor 0811-8497-492.

    Menag berharap rilis daftar nama muballigh ini bisa memudahkan masyarakat dalam mengakses para penceramah yang mereka butuhkan. Langkah ini diharapkan akan memperkuat upaya peningkatan kualitas kehidupan beragama sesuai misi Kementerian Agama.

    Baca juga :  Mathla'ul Anwar Tolak Perpu No 2 Tahun 2017

    Sumber Kemenag

    136 total views, 2 views today

    Please follow and like us:

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial