Tuesday , 11 December 2018

AS Resmi Pindah Kedutaan untuk Israel ke Yerussalem

  • 30 May, 2018  19:42:31 

  • Bendera Amerika Seritka berkibar di Kedutaan Besar AS di Tel Aviv, Israel, 4 Agustus 2013

    Mathlaulanwar,-Duta Besar AS untuk Israel, David Friedman, Senin (14/05), secara resmi mengumumkan dibukanya Kedutaan AS di Kota Al-Quds, kota palestina yang dijajah. Peresmian ini semakin memperburuk situasi di kawasan tersebut.

    Pemindahan kedutaaan dari Tel Aviv ke Al-Quds ini sesuai dengan keputusan Presiden AS Donald Trump pada Desember lalu, yang mengakui Al-Quds ibukota Israel.

    “Amerika akan tetap berkomitmen penuh untuk memfasilitasi perjanjian perdamaian permanen antara Israel dan Palestina,” kata Trump dalam pesan audi di upacara pembukaan kedutaan.

    “Amerika Serikat akan tetap menjadi teman baik Israel dan mitra dalam penyebab kebebasan dan perdamaian,” imbuhnya.

    Sementara itu, asisten senior sekaligus menantu Donald Trump, Jared Kushner, menekankan bahwa pembukaan kedutaan di Al-Quds ini menunjukkan kepada dunia bahwa AS dapat dipercaya. Ia menambahkan bahwa Israel adalah wali yang bertanggung jawab atas Al-Quds dan segala isinya.

    Baca juga :  PLO Kecam Israel Penjarakan Penyair Palestina

    Sementara itu, Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu berterima kasih kepada Trump atas keberaniannya memenuhi janjinya. “Ini adalah hari yang akan terukir dalam ingatan nasional kita selama beberapa generasi,” katanya.

    “Kami berada di Yerusalem dan kami akan tinggal di sini,” lanjut Netanyahu.

    Di sisi lain, sebanyak 52 warga Palestina tewas dan 2.400 lainnya luka-luka di hari pembukaan kedutaan AS ini. Ini merupakan jumlah sementara yang dirilis Departemen Kesehatan Palestina yang bisa bertambah. Mereka terkena peluru dan gas air mata militer Israel. Ribuan warga Palestina menggelar aksi protes di perbatasan Gaza-Israel terhadap pemindahan kedutaan AS itu

    sumber; Kiblat.net

    138 total views, 2 views today

    Please follow and like us:

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial