Waketum PBMA: Perlunya Payung Hukum Wajib Lapor Zakat

  • 31 May, 2018  00:36:07 

  • KH. Zaenal Abidin Syujai (doc / zas)

    Mathlaulanwar, -Wakil ketua Umum Pengurus Besar Mathla’ul Anwar KH. Zaenal Abidin Sujai mengemukakan, pencekaman ada syarat hukum tentang wajib lapor zakat. Isinya, Atur tentang kewajiban dan pengeluaran untuk para wajib zakat. “Hanya ada kewajiban lapor zakat, masak zakat tidak ada,” kata KH. Zaenal Abidin. Hal itu disampaikannya dalam diskusi tentang zakat bersama para elemen Banten di Kantor Redaksi HU. Kabar Banten, Jumat (25/5/2018).

    KH. Zaenal mengatakan, sebenarnya kalau memahami mengapa zakat menjadi salah satu rukun Islam, Allah memberikan jalan kepada umat Islam dalam upaya survival of life dengan instrumen ekonomi yang disebut zakat. Sebab, kata KH. Zaenal Abidin, hidup dan kehidupan tidak akan lepas dari persoalan ekonomi. Atas dasar semangat itu, Allah memerintahkan kepada Nabi Muhammad Saw sebagai kepala negara sekaligus juga sebagai kepala pemerintahan untuk mengambil zakat dari umat Islam yang sudah berkemampuan.

    Hal itu bisa dilihat dalam Surat At-Taubah ayat 103.  Atas dasar itu pula, lanjut KH. Zaenal Abidin, regulasi yang ada terutama UU No. 23 Tahun 2011, di satu sisi kita merasa gembira bahwa dengan terbitnya UU itu merupakan sebuah perhatian pemerintah. Akan tetapi di sisi lain kurang mengakomodasi berbagai hal yang berkaitan dengan zakat secara konprehensif.

    Baca juga :  Pakar Hukum Keluarga ini mengenal Mathla'ul Anwar dari cerita sang ayah

    “Misalnya, belum ada ketidakefisienan bagi muzakki yang tidak mau mengeluarkan zakatnya. Begitu juga perlu adanya upaya pro aktif dari para muzakki untuk melaporkan kekayaannya, Anda akan terpisahkan tentang kewajiban dan tidak wajibnya berzakat, ”katanya.

    Dengan demikian, ia mendesak agar ada revisi UU zakat dengan mengakomodasikan beberapa pasal yang intinya dapat mendorong optimalisasi dan keefektifan penggunaan zakat dalam upaya pengentasan kemiskinan. “Hal itu menjadi tanggung jawab kita,” katanya.

    KB

     

    170 total views, 2 views today

    Please follow and like us:

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial