Menuju 100 Tahun Mathla’ul Anwar Kepuh

  • 06 July, 2018  21:34:08 

  • Mathlaulanwar,-Madrasah Mathlaul Anwar Kepuh awalnya hanya berupa kegiatan pengajian. Mulai dari belajar membaca Al-Quran, Belajar tata cara Shalat, Ilmu Bahasa Arab dan ilmu dasar keislaman lainnya. Para pengajarnya para guru atau kiyai yang khusus didatangkan dari Mathlaul Anwar Pusat Menes. Seiring dengan perkembangan waktu, pengajian tersebut  tahun 1918 diformalkan menjadi Madrasah dengan nama Mathlaul Anwar.

    Nama Mathla’ul Anwar tersemat di madrasah tersebut. Hal ini karena guru guru yang mengajar adalah guru dari MA Menes. Jadi, MA Kepuh berdiri dua tahun setelah berdirinya MA Pusat DiniMenes.(1916)’.  Dengan demikian tahun 2018 ini MA Kepuh telah genap berusia 100.

    Usia  seratus (100) tahun bukanlah waktu yang sebentar, meski juga bukan jaminan usia seratus adalah usia dewasa, karena dewasa juga relatif. Tapi seratus adalah usia yang membanggakan untuk sebuah lembaga yang bertahan sebelum republik berdiri

    Kini Perguruan MA kepuh telah mengelola 6 lembaga pendidikan antara lain: Taman Kanak-Kanak, Madrasah Ibtidaiyah, Madrasah Diniyah, Madrasah Tsanawiyah, Madrasah Aliyah dan Majelis Ta’lim.

    Baca juga :  Jumadal-Ula 1439 H akan jatuh pada hari Kamis 18 Januari 2018 M

    Seorang guru MA Kepuh, Firmansyah Sarim, bercerita “nama Mathla’ul Anwar sangat melekat bagainya bahkan untuk masyarakatdi kampungnya”, Ia menuturkan

    Bahkan waktu kecil ia berfikir bahwa semua sekolah adalah Mathla’ul Anwar, karena hanya nama Mathla’ul Anwar yang ia kenal.

    “Betapa tidak Orang tua saya, nenek saya, dan banyak orang tua dan nenek dari teman-teman saya semua sekolah di Mathla’ul Anwar, jadi sekolah itu hanya Mathla’ul Anwar saja (pikir saya waktu itu)” Ia menambahkan

    Ia juga merasa bangga lembaga di mana ia mengabdi ternyata telah berusia 100 Tahun, sudah ratusan ribu santri yang pernah dididik di lembaga tersebut. Seperti namanya, Mathla’ul Anwar adalah Tempat terbitnya cahaya, maka lulusan lulusan dari MA Kepuh menjadi penebar cahaya di Masyarakat.

    Baca juga :  Sikap Mathla’ul Anwar Menyikapi RUU Perppu Ormas

    Ia berpandangan lembaga yang telah melampaui usia 1 abad  adalah lembaga yang memiliki manajemen organisasi yang mapan dan bertahan di tengah arus globalisasi.

    “ia telah membuktikan bahwa lembaga ini mampu bertahan sampai dengan usia yang cukup panjang, sebab jika MA tidak sanggup melewati fase panjang tersebut niscaya nama Mathla’ul Anwar di Kepuh tinggal sejarah yang tidak tertulis pada mata pelajaran sejarah di kurikulum yang ada di Indonesia” Ia berargumen

    Terlepas dari bagaimana Mathla’ul Anwar melewati kurun waktu itu, yang jelas Mathla’ul Anwar masih ada sampai dengan hari ini, itu adalah FAKTA. Jadi Mathla’ul Anwar itu organisasi masyarakat yang sudah matang.

    Dalam pandangan Kedua ia mengutip satu ayat alqur’an bahwa  Mathal’ul Anwar adalah nama penuh do’a seperti yang Allah gambarkan dalam Qur’an Surat Ibrohim (14) Ayat 24-25.
    “Tidakkah kamu perhatikan bagaimana allah telah membuat perumpamaan kalimat yang baik[786] seperti pohon yang baik, akarnya teguh dan cabangnya (menjulang) ke langit.
    Pohon itu memberikan buahnya pada setiap musim dengan seizin tuhannya. Allah membuat perumpamaan-perumpamaan itu untuk manusia supaya mereka selalu ingat”

    “Mathla’ul Anwar adalah pohon dengan sejuta manfaat, yang batangnya indah, akarnya kuat, cabangnya menjulang tinggi, memberikan buah yang bermanfaat kepada umat di setiap saat, setiap orang manusia dapat mengambil manfaat darinya.” Ia bendapat.

    Baca juga :  Sowan Ke PBMA, HIMMA Kom UIN"SMH"Banten Optimis Besarkan MA di Kota Serang.

    Untuk mengenang usia yang sudah satu abad maka para pengurus MA kepuh menyelenggarakan peringatan 100 tahun selama 3 hari,tiga malam 7-9 Juli 2018.

    Beberapa acara akan tersaji, diantaranya  adalah tarhiban atau pelepasan siswa kelas tiga Aliyah, Tabligh akbar, pentas seni dan orasi sejarah MA kepuh yang rencananya akan disampaikan oleh Bpk KH. Bai Ma’mun dari MA pusat Menes.

     

    524 total views, 6 views today

    Please follow and like us:

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial