Pengungsi Suriah Dapat Ancaman di Perbatasan Israel

  • 19 July, 2018  02:04:45 

  • Sejumlah tank Israel bersiaga di kawasan Dataran Tinggi Golan dekat perbatasan dengan Suriah.

    Mathla’ulanwar,-Israel memperingatkan puluhan warga Suriah yang mendekati Dataran Tinggi Golan yang diduduki Israel pada Selasa (17/7). Warga Suriah itu berupaya mencari bantuan atau perlindungan dari serangan pemerintah Suriah yang didukung Rusia. Namun, mereka justru mendapatkan peringatan dari tentara Israel agar menjauh dari wilayah itu.

    Orang-orang Suriah yang mendekati pagar berhenti sekitar 200 meter. “Anda berada di perbatasan Negara Israel. Kembalilah, kami tidak ingin menyakitimu,” ujar seorang tentara Israel.

    Baca juga :  PPIH Arab Saudi Siapkan 70 Ton Obat

    Kerumunan, termasuk wanita dan anak-anak, kemudian berjalan kembali perlahan ke arah perkemahan pengungsi. Beberapa berhenti di tengah jalan dan melambai-lambaikan kain putih ke arah garis Israel.

    Seorang perwira Israel, mengatakan iring-iringan warga Suriah  ke arah pagar perbatasan  telah terjadi sebelumnya. “Ini cara mereka memberi isyarat bahwa mereka membutuhkan persediaan baru,” katanya.

    Assad telah berhasil merebut banyak wilayah Suriah tanpa perlawanan dari musuh asingnya. Amerika Serikat, yang pernah mempersenjatai para militan di wilayah selatan, mengatakan tidak akan  melakukan intervensi ketika serangan itu berlangsung bulan lalu. PBB mengatakan pekan lalu 160 ribu warga Suriah telah melarikan diri ke provinsi Quneitra, dekat dengan Golan.

    Siaran TV negara Suriah dari al-Haara, menampilkan tentara pemerintah yang melambai-lambaikan senapan dan memegang foto Assad. Mereka merayakan kemenangannya. “Kami akan membebaskan semua Suriah,” kata salah seorang dari mereka.

    Baca juga :  Mahmoud Abas Kutuk UU Negara Yahudi

    Israel telah mengancam akan menanggapi setiap upaya oleh pasukan Suriah yang menyebar di zona pelepasan. Israel tidak ingin pasukan Iran dan Hizbullah, membentuk front Suriah sendiri untuk melawan Israel. Sementara, Israel telah meminta Moskow untuk campur tangan.

    Televisi al-Manar yang dikuasai Hizbullah mengatakan tentara Suriah telah merebut salah satu daerah yang dikuasai pemberontak terakhir di provinsi Deraa, al-Aliyeh. Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia melaporkan sedikitnya 14 orang tewas ketika pasukan pemerintah membombardir desa dekat Ain al-Tineh 10 km dari perbatasan Golan. (Rep)

    244 total views, 2 views today

    Please follow and like us:

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial