Wednesday , 5 August 2020

Visa 473 Kloter Sudah Siap

  • 27 July, 2018  03:22:54 

  •  

    Kasubdit Dokumen dan Perlengkapan Haji Nasrullah Jasam mengatakan bahwa penyelesaian visa jemaah haji sesuai target.

    “Sampai sore sudah 473 kloter yang visanya selesai. Persisnya 202.543 paspor,” terang Nasrullah di Jakarta,  Kamis (26/07).

    Menurut Nasrulah,  visa yang masih dalam proses penyelesaian sejumlah 37 kloter. Nasrullah berharap semua sudah selesai pekan depan.

    “Kami terus berkoordinasi dengan pihak Kantor Urusan Haji Jeddah agar pemaketan dikebut sehingga proses pemvisaan bisa selesai dalam empat hingga lima hari ke depan,” jelasnya.

    “Alhamdulillah, berkat kerjasama baik dengan Saudi,  pengurusan visa berjalan lancar. Semoga tahun ini tidak ada masalah keterlambatan visa,” harapnya.

    Kuota Haji Indonesia tahun 2018 berjumlah 221.000, terdiri dari 204.000 jemaah haji reguler dan 17.000 jemaah haji khusus. Jemaah haji reguler diberangkatkan secara bertahap menuju Madinah sejak 17 Juli 2018. Sebanyak 231 kloter berangsur diberangkatkan ke Kota Nabi hingga 29 Juli mendatang. Sementara 280 kloter lainnya,  mulai terbang tanggal 30 Juli hingga 15 Agustus menuju ke Jeddah lalu ke Makkah al Mukarramah.

    Baca juga :  Ketua Komisi VIII Lepas 393 Jemaah Kloter 1 Embarkasi Jakarta-Pondok Gede

    Jika visa jemaah reguler sudah selesai,  Nasrullah akan memanfaatkan sisa waktu yang ada untuk mengurus visa jemaah pelimpahan porsi karena meninggal dunia dan jemaah pengganti yang mengundurkan diri.

    Sampai saat ini,  tercatat ada 19 jemaah dengan status pelimpahan porsi. “Jika dokumennya lengkap dan waktunya memungkinkan, akan diberangkatkan tahun ini. Jika tidak, tahun depan,” tuturnya.

    Nasrullah menambahkan bahwa jemaah yang batal berangkat dan digantikan ada 251 orang.  Jemaah batal bisa kareba meninggal dunia,  sakit,  atau menunda.

    “Sebanyak 136 jemaah sudah diproses visa. Sedang 115 lainnya,  belum diproses visa,” ujarnya.

    “Kita masih menunggu jemaah penggantinya yang diambilkan dari kuota cadangan. Semoga waktunya memungkinkan untuk diberangkatkan tahun ini sehingga serapan kuota menjadi maksimal,” tandasnya.

    Baca juga :  Alami Kekeringan, Mathla'ul Anwar dan Ribuan Warga Menes Laksanakan Shalat Istisqa

     328 total views,  2 views today

    Please follow and like us:

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial