Tahun Baru 1440 H, Momentum Bersyukur Dengan Memilih Produk Halal

  • 13 September, 2018  05:51:55 

  • (PKPH, Cilegon). Waktu terus berlalu, hari berganti hari, bulan berganti bulan, tahun juga bertambah, dan sekarang kita sudah memasuki tahun baru Islam, 1440 Hijriah, marilah kita syukuri. Saatnya kita melakukan muhasabah, instrospeksi diri, mensyukuri nikmat yang telah diberikan oleh Allah, merenungkan dan merencanakan  hari esok, apa yang akan kita siapkan saat menghadap Allah.

    Secara bahasa, syukur adalah menggambarkan niikmat dan menampakkannya, bersyukur pada hakekatnya adalah menggunakan nikmat yang diperoleh dari Allah untuk sesuatu yang diridhai dan disenangi Allah swt, bukan untuk sesuatu yang disenangi oleh dirinya dan manusia.  Lawan bersyukur adalah kufur, yakni mengingkari nikmat Allah. Membiarkan nikmat Allah menganggur dan tidak difungsikan sama sekali untuk untuk kemanfaatan umat dan tidak mengembangkannya, juga termasuk mengingkari nikmat Allah.

    Banyak dalil-dalil yang menjelaskan tentang keutamaan bersyukur, Allah berfirman dalam Al Qur’an, “ Sesungguhnya jika kalian bersyukur, pasti aku akan menambah nikmat kepadamu (QS: Ibrahim[12]:7). Disebutkan juga, orang yang bersyukur akan diridhai oleh Allah, Allah berfirman,” Jika Kamu bersyukur, Dia meridhoi kesyukurannya itu” (QS: Az-Zumar [39]:7). Demikian juga disebutkan dalam hadis, Rasulullah saw bersabda,” Orang makan yang bersyukur mendapatkan kedudukan sebagai orang puasa yang sabar,” (HR At-Tirmidzi).

    Baca juga :  Maklumat Ketua Umum Pengurus Besar Mathla'ul Anwar (PBMA) 505

    Cara bersyukur kepada Allah ada tiga. Pertama, bersyukur dengan hati, mengakui dan meyakini bahwa nikmat itu berasal dari Allah. Kedua,bersyukur dengan amal perbuatan, menggunakan nikmat yang telah diberikan oleh Allah sesuai dengan ajaran islam dan dicontohkan oleh Rasulullah saw, jika diberi nikmat harta, maka dinafkahkan di jalan Allah, jika nikmat itu berupa ilmu, ilmunya dimanfaatkan untuk keselamatan, kebahagiaan, kesejahteraan dan diajarkan kepada orang lain.

    Imam Al Ghazali menjelaskan tentang mensyukuri anggota tubuh, Beliau menjelaskan, ada tujuh anggota tubuh yang penting dalam mensyukuri nikmat Allah, pertama, Mata, tidak menggunakan mata untuk maksiat, kedua, Telinga, digunakan hanya untuk mendengarkan hal-hal yang baik, ketiga, Lidah, banyak digunakan untuk berdzikir dan mengucapkan hal-hal yang baik, keempat, Tangan, digunakan untuk melakukan kebaikan untuk diri sendiri dan orang lain, kelima, Kemaluan, digunakan hanya bagi suami istri dengan niat memelihara diri dari yang haram, keenam, Kaki, digunakan untuk berjalan ke tempat yang baik, mencari rizki halal dan menolong manusia, ketujuh, Perut, hanya diisi dengan makanan yang halal dan tidak berlebih-lebihan, serta hanya untuk menguatkan ibadah kepada Allah.

    Baca juga :  Hardiknas 2018: Momentum Refleksi Perjuangan di Bidang Pendidikan

    Dengan memasuki tahun baru 1440 H, marilah kita tambah bersyukur kepada Allah, dengan semangat hijrah, semangat untuk menjadi lebih baik dari tahun sebelumnya dengan memilih dan menggunakan yang halal. Halal itu rahmat untuk seluruh umat manusia. Tahun Baru 1440 H adalah momentum bagi kita semua untuk menggunakan produk halal.

     

    Hadi Susilo

    Direktur Pusat Kajian Produk Halal (PKPH)

    Universitas mathla’ul Anwar Banten

    116 total views, 2 views today

    Please follow and like us:

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial