Menggebyarkan Produk Halal dari Masjid ke Masjid

  • 29 September, 2018  19:33:32 

  • Majelis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi DKI Jakarta, melalui Komisi Ekonomi, menggelar Halal Fair 2018 di Kompleks Masjid Cut Meutia, Menteng, Jakarta, pada 28-30 September 2018. Halal Fair merupakan sarana sosialisasi, promosi, dan edukasi tentang produk halal kepada pemerintah, pebisnis, serta masyarakat.

    “Ini salah satu cara kami mempromosikan produk halal. Kita berharap masyarakat luas semakin paham dengan kebutuhan produk halal,” kata Direktur Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan, dan Kosmetika (LPPOM) MUI DKI Jakarta Osmena Gunawan setelah menghadiri pembukaan Halal Fair 2018, Jumat (28/9).

    Osmena menyampaikan LPPOM MUI berharap nantinya Halal Fair tidak hanya diselenggarakan di Masjid Cut Meutia, tetapi juga di masjid-masjid lain. Di DKI Jakarta, misalnya, terdapat ribuan masjid.

    Masjid-masjid lain diharapkan juga bisa meniru kegiatan Halal Fair seperti di Masjid Cut Meutia. Dalam hal ini, kata Osmena, MUI bersedia bekerja sama untuk menyelenggarakan Halal Fair guna mensyiarkan pentingnya produk halal.

    Baca juga :  Irsyad Djuwaeli : Sejarah Pergerakan dan Gagasan Para Pendiri Mathla’ul Anwar harus di Dokumentasikan

    “Halal Fair bisa diselenggarakan bergiliran di setiap masjid,” ujarnya.

    Dia menerangkan, jumlah usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di DKI Jakarta sangat banyak. Pantauan Republika, puluhan UMKM mengikuti Halal Fair di Kompleks Masjid Cut Meutia.

    Pada hari terakhir penyelenggaraan Halal Fair 2018, Ahad (30/9) mendatang, akan digelar “Halal Walk”. Bentuk kegiatannya adalah mempromosikan produk-produk halal di area car free day (CFD).

    Saat ini, lanjut Osmena, UMKM di DKI Jakarta yang sudah memiliki sertifikat halal cukup banyak. Namun, produk-produk mereka belum bisa dipromosikan secara baik.

    ‘’Mudah-mudahan nanti ada pihak yang turut membantu mempromosikan produk UMKM bersertifikat halal,’’ katanya.

    Ketua Pelaksana Halal Fair 2018 Ustaz H Rakhmad Zailani Kiki mengatakan, sasaran Halal Fair 2018 adalah generasi milenial dan keluarga. Karena itu, Halal Fair diisi acara-acara menarik bagi generasi milenial dan keluarga. Panitia mengundang artis-artis yang terkenal di media sosial untuk menarik pengunjung milenial.

    Baca juga :  Jauh Ke SD dan MI, Masyarakat Cikiara dirikan MI MA

    “Generasi milenial rentan memakan makanan yang tidak halal maka di Halal Fair diperkenalkan produk-produk makanan yang dijamin kehalalannya,” kata Ustaz Kiki, Jumat.

    Ia menyampaikan, Halal Fair sengaja digelar pada Jumat, Sabtu, dan Ahad agar keluarga bisa mengunjunginya saat libur akhir pekan.

    Halal Fair merupakan kegiatan tahunan MUI Provinsi DKI Jakarta. “Melalui kegiatan ini diharapkan kepedulian dan kesadaran masyarakat akan pentingnya produk halal meningkat. Produk halal yang ada di Halal Fair hanya contoh saja,” ujarnya.

    Ustaz Kiki menjelaskan, produk halal yang ada di Halal Fair hanya sebagian kecil dari produk-produk UMKM yang telah disertifikasi halal oleh LPPOM MUI.

    ‘’Jadi, ini hanya untuk contoh saja agar masyarakat tahu produk halal dan logo halal supaya masyarakat Muslim tidak salah memilih makanan,’’ tutur dia.

    Baca juga :  Komandan PCI wilayah Banten gelar Rapat Koordinasi dengan Perguruan MA Pusat Menes

    Dia menambahkan, jika ada masjid-masjid lain yang ingin bekerja sama dengan MUI untuk menyelenggarakan Halal Fair, MUI bersedia. Untuk itu, pihak masjid tinggal berkomunikasi dengan MUI untuk menyelenggarakan Halal Fair.

    Penjual Es Caper di Halal Fair, Steven, mengatakan, produknya sudah mendapatkan sertifikat halal dari LPPOM MUI. “Dalam waktu satu jam berjualan di Halal Fair, kita sudah menjual sekitar 200 gelas Es Caper,” ujarnya.

    Dia mengungkapkan, baru kali ini dia mengikuti Halal Fair. Dia menilai kegiatan ini bagus karena bisa memperkenalkan produk yang sudah dijamin kehalalannya kepada masyarakat. Dia pun berharap tahun depan digelar lagi Halal Fair seperti ini. (republika)

    (ed: wachidah handasah)

    110 total views, 4 views today

    Please follow and like us:

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial