Sunday , 22 September 2019

Ilshat Hasan :Pengungsi Uighur, Saya tidak terlalu optimis

  • 18 December, 2018  00:48:08 

  • Ilshat Hassan berbicara tentang penginterniran Cina terhadap orang-orang Uighur dan tanggapan komunitas internasional.

    Sejak April 2017, pihak berwenang China telah menahan setidaknya 800.000 dan mungkin lebih dari dua juta warga Uighur, etnis Kazakh dan anggota minoritas Muslim lainnya di apa yang disebut “kamp pendidikan ulang”, menurut kesaksian dari pejabat Departemen Luar Negeri Amerika Serikat, Scott Busby , sebelum Kongres pada 4 Desember.

    Pemerintah Cina awalnya menyangkal kamp-kamp ini ada. Namun, mereka sekarang telah melegalkan mereka dan mengatakan ini hanyalah pusat pelatihan kejuruan, pendidikan yang dimaksudkan untuk “memerangi ekstremisme” – terlepas dari fakta bahwa beberapa dari mereka yang ditahan dilaporkan adalah presiden universitas atau pejabat Partai Komunis lainnya.
    Ada yang mengatakan ini adalah salah satu krisis hak asasi manusia yang paling diabaikan di dunia.
    Ilshat Hassan, seorang aktivis Uighur dan presiden Asosiasi Amerika Uyghur, dipaksa meninggalkan Cina pada tahun 2003 dan telah terpisah dari keluarganya sejak saat itu.
    “Mereka [polisi] menggunakan listrik, tongkat, dan mereka menyetrum saya dua kali dalam satu interogasi,” Hassan mengenang pengalamannya yang dipantau sebagai guru di sebuah perguruan tinggi pelatihan kejuruan, dan telah ditangkap dua kali, dipukuli dan disetrum.
    Karena kehilangan kontak dengan keluarganya tiga tahun lalu, saudara perempuan dan dua keponakan Hassan diduga ditangkap.
    Pada Wawancara Khusus UpFront, Ilshat Hassan menceritakan kisahnya dan merefleksikan berita terbaru tentang orang-orang Uighur di China.
    Follow UpFront on Twitter @AJUpFront and Facebook.

    272 total views, 2 views today

    Please follow and like us:

    Baca juga :  Kemenag Hadirkan Aplikasi Haji Pintar

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial