Wednesday , 19 June 2019

Posko Bantuan Bencana Tsunami Mathla’ul Anwar Bekerja Maksimal

  • 26 December, 2018  22:00:19 

  • Mathlanews,-Setelah melakukan evakuasi korban tsunami selat sunda selama dua hari, Ahad-Senin 22-23 Desember 2018 di wilayah carita, Panimbang dan Tanjung Lesung, Mathla’ul Anwar telah membuka posko pendistribusian bantuan di Perguruan MA Pusat Menes di Cimanying Menes Pandeglang.

    Sejak Ahad 22 Desember nampak kesibukan di posko induk MA, mulai menyiapkan tempat dan menerima bantuan. Tim relawan yang diterjunkan ke lapangan untuk mendata kantong kantong pengungsian di sepanjang jalan dari Jiput sampai ke Labuan, Perbukitan di Carita, Kecamatan Angsana, Sobang, Cigeulis, Cikadu dan Sumur.

    Beberapa tempat juga dibuatkan posko seperti di sumur agar memudahkan pendistribusian bantuan untuk mencover kecamatan sumur sampai ke perbatasan Ujung Kulon.

    Baca juga :  Majelis Fatwa Mathla'ul Anwar Sesalkan Pembakaran Bendera Tauhid

    Posko Induk Mathla’ul Anwar membuat dapur umum dan menyediakan makanan siap santap sebanyak 500 bungkus setiap harinya dan distribusikan ke beberapa titik pengungsian.

    Data para pengungsi sampai saat ini secara belum ada yang mengeluarkan. Pengamatan redaksi selama ini kantong kantong pengungsi terdapat di banyak titik itupun inisiatif dari warga dan korban bukan pemerintah daerah. Setidaknya pemerintah harus membuat kantong pengungsian yang resmi.

    Dhona El Furqon, Koordinator Umum Posko Mathla’ul Anwar saat berbincang dengan redaksi mengatakan bahwa ia bersama relawan sedang mendata jumlah pengungsi sebisa mungkin yang bisa didata. Sementara ia juga menerima banyak permintaan bantuan dari puluhan titik pengungsi, berupa bahan pangan, lauk pauk, obat obatan, selimut, tikar, pakaian dalam dan kebutuhan bayi.

    Baca juga :  Mathla'ul Anwar Tolak Perpu No 2 Tahun 2017

    “Selama ini kami maksimalkan bantuan kepada titik pengungsian sesuai permintaan, misalnya kita tanya berapa jumlah pengungsi yang terdiri dari KK, laki laki dan perempuan, anak anak dan bayi serta kita tanya apa kebutuhannya” jelas Dhona

    Ia juga menuturkan bahwa memang bantuan melimpah, akan tetapi dia bersama relawan Mathla’ul Anwar mensortir semua bantuan agar penerima manfaat dari bantuan tersebut memang yang benar benar dibutuhkan oleh korban tsunami.

    “Selama 3 hari ini kami sudah mendistribusikan bantuan sekitar 5000 paket kepada pengungsi korban tsunami dan masyarakat di berbagai titik pengungsian” tuturnya. (Dika)

     

    278 total views, 2 views today

    Please follow and like us:

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial