Sunday , 22 September 2019

Mathla’ul Anwar dan Yayasan Sukma Laksanakan Pelatihan Mitigasi Bencana

  • 16 January, 2019  15:15:52 

  • Mathlanews,-Dompet Kemanusiaan Media Grup dan Yayasan Sukma bersama Mathlaul Anwar  menggelar pelatihan mengenai pendidikan mitigasi bencana di SMA Mathlaul Anwar Pusat Menes. Acara ini dilaksanakan selama tiga hari terhitung 15 Januari s/d 17 Januari 2019.

    Sebanyak 90 guru di lingkungan Mathlaul Anwar dari empat kecamatan yakni Carita, Labuan, Panimbang, dan Sumur, dibekali pengetahuan serta keterampilan mitigasi dan pengurangan risiko bencana.

    Direktur Pendidikan Yayasan Sukma, Ahmad Baedowi, menuturkan bahwa pendidikan mitigasi bencana terhadap tenaga pendidik sangat urgen mengingat selama ini aspek yang diprioritaskan adalah selalu mengenai fisik sekolah, sedangkan keterampilan dan mentalpun mesti ditingkatkan.

    “Pembangunan kapasitas warga sekolah terkait dengan mitigasi dan kesiapsiagaan menghadapi bencana perlu ditingkatkan. Perhatian dalam setiap kejadian bencana agar jangan melulu berfokus pada aspek fisik sekolah, tapi juga mental dan keterampilan”pungkasnya, Selasa(15/1/2019).

    Baca juga :  UU Guru dan Dosen Perlu Segera Direvisi

    Dalam kegiatan tersebut para guru Mathlaul Anwar diberikan edukasi seputar mitigasi bencana, agar bisa mengenali potensi dan risiko kebencanaan yang ada di wilayah masing-masing. Setelah mendapat stimulan mengenai pendidikan mitigasi kebencanaan diharap bisa menjadi nilai praksis di lingkungan sekolah masing-masing.

    Sementara Ika Nopika yang juga guru di MI MA Teluk dan salah satu peserta kegiatan ini menyampaikan bahwa pendidikan seputar mitigasi kebencanaan sangat diperlukan mengingat wilayahnya adalah wilayah yang rentan akan bencana.

    “Kegiatan seperti ini sangat pokok dan harus, tenaga pendidik bisa menyampaikan informasi seputar mitigasi dan dapat mengetahui potensi dan risiko kebencanaan yang terjadi sehingga dapat memetakan atau melakukan tindakan yang bersifat pencegahan agar meminimalisir korban akibat bencana di wilayah sekolah masing-masing”tutupnya.(Faiz)

    Baca juga :  Banten Perlu Kejar Ketertinggalan Melalui Pendidikan

     

    264 total views, 2 views today

    Please follow and like us:

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial