Monday , 15 July 2019

Krisis Air Bersih Masih Hantui Warga Pandeglang

  • 23 April, 2019  19:46:51 

  • PANDEGLANG – Tsunami yang menerjang pesisir Selat Sunda pada 22 Desember 2018 lalu, membawa masalah lain bagi warga Kampung Cihonje, Desa Tunggal Jaya, Kecamatan Sumur, Kabupaten Pandeglang. Hantaman tsunami membuat sungai yang tadinya mereka jadikan sumber air utama, kini tercemar. Praktis, sekitar 430 jiwa penghuni kampung nelayan itu sekarang kesulitan mendapatkan air bersih.

    “Kondisi pengairan di Kampung Cihonje tercemar oleh terjangan tsunami. Airnya keruh dan sudah tidak bagus lagi. Warga akhirnya mengandalkan bantuan air tangki, baik dari ACT ataupun dari pemerintah setempat,” ujar Mohammad Jakfar dari tim Global Wakaf-ACT, Sabtu (10/4).

    Jakfar menuturkan, hingga saat ini sungai yang menjadi sumber pengairan yang biasa digunakan warga sudah tidak difungsikan oleh warga setempat. Hal ini mengingat kondisi airnya yang sudah tidak bagus; bau dan sudah berwarna agak kuning. Kakus yang digunakan warga sekitar juga kondisinya kini sudah kurang layak untuk dipakai.

    Baca juga :  Fajri Ismail pimpin PWMA Sumsel

    Maret lalu, Sumur Wakaf pun dibangun di Masjid Jami Baitu Tawabin, Kampung Cihonje, untuk mengatasi krisis air bersih yang dialami warga terdampak tsunami. Jakfar memperkirakan sumur ini segera rampung dalam sebulan ke depan untuk penyelesaian MCK, keran, dan pengeboran. Setelah sumur dapat digunakan, tim akan melakukan pengadaan lanjutan untuk melengkapi Sumur Wakaf yang telah dibuat.

    “Rencananya kita akan ada pengadaan tandon (penampung air), pembuatan tiang tandon, pengadaan prasasti, pembentukan kepengurusan pengelolaan aset wakaf (sumur dan MCK), dan mengalirkan air ke rumah-rumah warga yang terdampak tsunami Selat Sunda,” ujar Jakfar.

    Kehadiran Sumur Wakaf mengundang syukur warga setempat yang dilanda krisis air selama berbulan-bulan. Mereka berharap tim Global Wakaf terus mendampingi mereka, khususnya yang menjadi korban tsunami.

    Baca juga :  Prof Bagir: Media Online Islam Harus Memenuhi Standar Pers

    “Global Wakaf sudah menjadi bagian dari kami, yang selama ini sudah banyak membantu kami, dan ini sudah dirasakan penuh oleh kami para korban yang terdampak,” ungkap salah satu warga Kampung Cihonje. []Penulis Reza Mardhani

    150 total views, 2 views today

    Please follow and like us:

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial