Sunday , 26 May 2019

Kesibukan Humanity Food Truck di Hari Pertama Ramadan 2018

  • 26 April, 2019  18:31:44 

  • masyarakat-pun tersenyum merasakan kehadiran food truk di bulan Ramadhan 2018 (dok/ACT)

    JAKARTA – Truk beroda enam itu terus melaju untuk berpindah tempat selama bulan Ramadan tahun 2018 lalu. Humanity Food Truck namanya, program layanan makan gratis dari Global Zakat-Aksi Cepat Tanggap (ACT). Satu tempat ke tempat lain disambangi untuk berbagi kebahagiaan lewat sekotak nasi yang berpadu lauk-pauk sebagai pengisi perut setelah seharian berpuasa.

    Ketika parkir, deru dari api di kompor bertekanan tinggi selalu menjadi peramai suasana, terlebih di siang hingga sore saat proses memasak berlangsung. “Masakan ini untuk berbuka sore nanti,” jelas singkat Joni Hadikusuma yang menjadi koki di Humanity Food Truck dari Global Zakat-ACT di hari pertama Ramadan 2018.

    Di hari itu, Joni dan timnya memasak di badan Humanity Food Truck untuk menyajikan santapan berbuka bagi warga di sekitar Masjid Al-Barkah, Alun-Alun Kota Bekasi, Jawa Barat. Nasi putih, mi goreng, ayam berbumbu serta sambal juga tak tertinggal sayuran menjadi menunya. Lebih kurang seribu paket makanan siap santap dibagikan waktu menjelang berbuka puasa.

    Baca juga :  Thaharah (Bersuci)

    Ruli, salah satu yang menikmati sepaket makanan siap santap. Sambil memondong paket makanan, bocah 11 tahun itu sempat bertutur kepada tim Global Zakat-ACT bahwa ia sedang menjajakan amplop dagangannya. “Biasa saya jualan tisu, tapi karena menjelang lebaran banyak orang butuh amplop,” ungkapnya petang itu.

    Tak hanya Ruli, selama Ramadan 2018 lalu, ribuan orang telah merasakan nikmatnya masakan yang diproduksi di Humanity Food Truck. Joni menjelaskan, truk yang digawanginya itu selama 30 hari di bulan Ramadan terus memasak untuk menyajikan makanan siap santap di waktu berbuka. “Kami berpindah-pindah tempat untuk membagikan makanan, di Jabodetabek dan sekitarnya. Targetnya para pekerja di jalan dan masyarakat prasejahtera,” jelas Joni.

    Baca juga :  Pengungsi Suriah Dapat Ancaman di Perbatasan Israel

    Di Ramadan 2019 ini akan ada yang berbeda dari Humanity Food Truck. Ialah hadirnya Humanity Food Truck 2.0 yang akan memperluas jangkauan penerima manfaat. Mengandalkan kebaruan alat serta fungsi dapur, jumlah porsi yang dihasilkan juga akan semakin meningkat.

    Chef ACT tengah menyiapkan Masakan untuk masyarakat (dok/ACT)

    Layaknya Humanity Food Truck tahun lalu, truk berdapur generasi kedua ini juga akan beroperasi 30 hari penuh selama Ramadan. Melayani kebutuhan makanan siap santap di berbagai penjuru Jabodetabek dan sekitarnya.

    Selain Humanity Food Truck yang akan beroperasi selama Ramadan di Jabodetabek dan sekitarnya, ada juga Humanity Food Van. Van dengan hiasan mural yang menarik perhatian saat ini beroperasi di beberapa wilayah cabang ACT, di Sumatra Utara misalnya.

    Baca juga :  Pandu Cahaya islam Kunjungi Perguruan Mathla’ul Anwar Pasir Durung

    Di Ramadan 2018 lalu, Humanity Food Van menyapa warga terdampak erupsi Gunung Sinabung di Kabupaten Karo. Kepulan asap membubung dari puncak Sinabung tak menyurutkan acara berbuka puasa bersama dengan makanan siap santap yang dibawa Humanity Food Van.

    Brikhtiar mengulang kehangatan berbuka puasa tahun lalu, di Ramadan tahun 2019 ini Humanity Food Truck dan Humanity Food Van akan kembali berkeliling ke berbagai penjuru tempat. Melalui cabang ACT yang tersebar di berbagai wilayah, Global Zakat-ACT akan kembali menyapa, mengantarkan kebahagiaan lewat layanan makanan gratis untuk warga prasejahtera. []Penulis Eko Ramdani

    52 total views, 2 views today

    Please follow and like us:

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial