Thursday , 11 July 2019

Menggurat Senyum dari Rumah Bahagia

  • 29 April, 2019  11:11:45 

  • JAKARTA – Rumah menjadi kebutuhan utama setiap orang. Namun tak sedikit masyarakat Indonesia memiliki rumah dengan kondisi tak layak. Pemerintah pada tahun 2015 mendata rumah tak layak huni yang berdiri saat itu mencapai 3,4 juta unit.

    Melihat jumlah rumah tak layak huni ini, Global Zakat-Aksi Cepat Tanggap (ACT) sejak Juni 2018 lalu memulai program Rumah Bahagia. Program ini memungkinkan keluarga yang kondisinya masih dalam tahap prasejahtera memiliki tempat tinggal yang layak.

    Apiko Joko Mulyono dari tim Global Zakat-ACT menjelaskan, program Rumah Bahagia telah merenovasi empat rumah yang tersebar di beberapa lokasi sejak pertama kali program ini diluncurkan. Targetnya ialah mereka yang keadaan ekonominya masih dalam kondisi prasejahtera. “Kami memprioritaskan rumah yang dihuni lansia, fakir, dan miskin, hingga keadaan rumah yang sudah sangat tak layak huni,” jelasnya, Jumat (26/4).

    Baca juga :  Amirul Hajj Usung Tiga Misi Sukseskan Penyelenggaraan Haji

    Apiko menambahkan, untuk desain bangunan baru disediakan. Ukurannya akan mengikuti luas tanah yang dimiliki penerima manfaat. Ruangan di dalamnya akan disediakan kamar tidur, kamar mandi, serta ruang tamu.

    Pada Kamis (25/4), tim Rumah Bahagia mengunjungi kediaman Jaenudin, lansia yang tinggal di Desa Jagabita, Kecamatan Parung Panjang, Kabupaten Bogor. Di sana tim Global Zakat-ACT melakukan serah terima renovasi rumah. “Melihat kondisi rumahnya, ini akan dibangun ulang karena tak ada fondasi jika hanya direnovasi,” kata Apiko.

    Tak hanya rumah Jae, di Jagabita masih terdapat dua rumah lain yang akan diperbaiki. Proses pembangunan diperkirakan akan memakan waktu satu hingga maksimal tiga minggu. “Terima kasih ya sudah mau memperbaiki rumah saya, biar enggak bocor lagi nanti kalau hujan,” ungkap Jae penuh senyum. []Penulis: Eko Ramdani

    76 total views, 2 views today

    Please follow and like us:

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial