Wednesday , 19 June 2019

Kisah Kliwon, Penyandang Disabilitas yang Terima Paket Pangan Tepian Negeri

  • 03 June, 2019  19:15:19 

  • Paket pangan untuk tepian negeri menyapa Anambas. Tak hanya warga prasejahtera yang menerima, tapi juga disabilitas

    KEPULAUAN ANAMBAS – Masuk pekan keempat Ramadan 1440 H, Aksi Cepat Tanggap (ACT) terus mendistribusikan paket pangan ke berbagai pelosok negeri. Selain menjangkau warga prasejahtera di pulau-pulau terluar Indonesia, paket pangan juga menjangkau penyandang disabilitas yang membutuhkan. Rabu (29/5) lalu, Paket Pangan Tepian Negeri menyapa penyandang disabilitas di Kecamatan Siantan, Kabupaten Kepulauan Anambas.

    Keluarga Kliwon (70) salah satunya. Kakek 15 cucu yang sudah dua setengah tahun ini tak dapat lagi bekerja, mendapatkan paket pangan Ramadan dari ACT di rumahnya di Desa Tarempa Barat, Siantan. Rumah dengan bahan utama kayu itu kini menjadi tempat ternyamannya setelah tak dapat beraktivitas lagi dengan normal.

    Kliwon mengatakan, separuh badannya dari pinggang hingga kaki kini tak dapat lagi digerakkan. Pemeriksaan medis yang dilakukan dua tahun lalu menyebut ia mengalami strok. “Untuk bangun saja sekarang sudah susah, perlu bantuan dari anak-anak yang sekarang masih tinggal serumah,” tutur Kliwon.

    Baca juga :  Ade Munwaroh Yasin Apresiasi Mathla'ul Anwar Bogor

    Saat ini, laki-laki asal Purworejo, Jawa Tengah yang telah merantau ke Anambas sejak tahun 1960 ini tak dapat lagi bekerja. Ia terpaksa meninggalkan pekerjaannya sebagai penyadap karet mengingat Kliwon hanya dapat terbaring di rumahnya.

    Tak hanya itu, Bariah (63), istri Kliwon kini juga tak dapat berbuat banyak. Sudah 3 tahun Bariah mengalami strok yang memaksa bagian kiri tubuhnya tak dapat digunakan. Bahkan, kondisinya lebih parah dari Kliwon, Bariah sulit untuk diajak berkomunikasi.

    Kliwon dan Bariah sempat mendapatkan perawatan medis dari puskesmas setempat. Namun, perawatan medis itu saat ini tak lagi dilanjutkan. Jarak dari rumah ke lokasi fasilitas kesehatan yang jauh menjadi alasan.

    Baca juga :  Baru Berusia 25 Tahun Sudah Diangkat jadi Menteri

    Kedua lansia tersebut tak dapat lagi bekerja. Untuk memenuhi kebutuhan sehari, baik makan atau aktivitas lain, Kliwon dan Bariah mengandalkan anak-anaknya yang masih tinggal bersama. “Sekarang sudah enggak bisa apa-apa. Ya begini saja, cuma bisa tidur,” ungkap Kliwon.

    Paket Pangan Tepian Negeri menghapus kekhawatiran keluarga Kliwon akan kebutuhan pangan untuk Hari Raya Idulfitri. Paket pangan yang berisikan kebutuhan pokok nantinya dapat dimanfaatkan untuk persiapan menjelang Lebaran.

    “Saya berterima kasih kepada dermawan yang telah memberikan paket pangan ini. Sangat membantu di tengah kondisi ekonomi yang sedang kurang baik, terlebih kondisi kesehatan yang sedang seperti ini,” ungkap Kliwon.

    Selain Kliwon, terdapat beberapa penyandang disabilitas Paket Pangan Ramadan Tepian Negeri. Sebelumnya, tepatnya Selasa (28/5), para janda di Antang, Desa Tarempa Timur, Siantan juga mendapatkan paket serupa. Tak hanya itu, secara keseluruhan di Kabupaten Anambas pada Ramadan ini ada sekitar 1.800 kepala keluarga yang mendapatkan paket pangan, baik dari program Kapal Ramadhan, maupun dari program Tepian Negeri oleh Global Zakat-ACT.[] Penulis: Eko Ramdani

    68 total views, 2 views today

    Please follow and like us:

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial