Saturday , 24 August 2019

Pekan Terakhir Ramadan, Eskalasi Konflik Kembali Terjadi di Al-Aqsa

  • 03 June, 2019  19:21:14 

  • Eskalasi kembali terjadi di Kompleks Masjid Al Aqsa Ahad pagi.

    YERUSALEM – Bentrokan kembali terjadi di kompleks Masjid Al-Aqsa, Ahad (2/6). Peristiwa itu ditengarai polisi Israel yang mengizinkan ratusan pemukim Yahudi Israel melakukan “tur” di Masjid Al-Aqsa pada akhir Ramadan. Masuknya Yahudi ke dalam masjid Al Aqsa pada akhir Ramadan kali ini menjadi yang pertama kali sejak tiga puluh tahun silam. Sejak 1988, kompleks Masjid Al-Aqsa telah ditutup bagi Yahudi pada sepuluh hari terakhir Ramadan, di mana sebagian besar umat muslim tengah gencar melakukan ibadah.

    Al Jazeera melaporkan, polisi Israel tidak memiliki alasan yang jelas atas tindakan itu. Direktur Masjid Al-Aqsa Omar al Kiswani menegaskan bahwa Israel telah melanggar perjanjian untuk tidak memasuki wilayah Masjid Al-Aqsa pada hari-hari terakhir Ramadan.

    Protes pun dilakukan para jemaah Palestina. Mereka meneriakkan takbir sebagai ekspresi perlawanan tindakan Israel. Salah seorang pengurus Organisasi Wakaf yang mengawasi kompleks Al-Aqsa, dilansir dari Al Jazeera mengatakan, polisi Israel menggunakan peluru karet dan semprotan gas air mata dalam menanggapi protes para jemaah.

    Baca juga :  Dubes AS Untuk PBB diteriaki Berlumuran Darah oleh Mahasiswa University of Houston

    Tindakan itu pun melukai sedikitnya tujuh orang. Palang Merah Palestina melaporkan, seorang jemaah mengalami luka di bagian kepala, sedangkan jemaah yang lain mendapatkan perawatan karena terkena inhalasi gas.

    Sedangkan menurut informasi yang ditulis Middle East Monitor, polisi Israel menyerang sejumlah jemaah, termasuk penjaga masjid. Mereka juga melarang sejumlah petugas medis untuk melakukan pertolongan.

    Kantor berita Palestina WAFA mengabarkan, otoritas Israel juga menutup semua akses masuk ke kota tua Yerusalem karena berlangsungnya pawai pemukim Israel. Mereka juga memaksa warga Palestina menutup toko-toko mereka dengan dalih mengamankan pawai. [] Penulis: Gina Mardani Cahyaningtyas
    Sumber foto: Anadolu Agency

    91 total views, 2 views today

    Please follow and like us:

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial