Sunday , 22 September 2019

Pemerintah Tetapkan 1 Syawal 1440 H Jatuh pada Rabu, 5 Juni 2019

  • 03 June, 2019  19:09:19 

  • Pemerintah melalui Kementerian Agama selesai menggelar Sidang Isbat petang ini. Hasilnya diputuskan Idul Fitri 1 Syawal 1440 H jatuh pada tanggal 5 Juni 2019.

    Sidang Penetapan (Isbat) awal Syawal 1440 H dipimpin langsung oleh Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Saifuddin, di Auditorium HM. Rasjidi, Kementerian Agama, Jakarta, Senin (3/6).

    “1 Syawal jatuh pada lusa, hari Rabu tanggal 5 Juni tahun 2019. Inilah yang disepakati bersama oleh seluruh peserta Sidang Isbat,” kata Menteri Agama dalam jumpa pers yang digelar usai memimpin Sidang Isbat yang berlangsung tertutup tersebut.

    Penetapan tersebut, terang Menag, didasarkan pada laporan perukyat Kementerian Agama di 105 titik di 33 provinsi di Indonesia tidak ada satupun yang melihat hilal. Dari seluruh wilayah tanah air, dari barat sampai timur, posisi hilal berada di bawah ufuk, minus.

    Baca juga :  Alumni: Lulusan SMA-MA Miliki Kualitas yang Baik

    “Tadi Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah pada Kementerian Agama Agus Salim melaporkan bahwa sekurangnya 33 provinsi tidak ada satupun yang melihat hilal,” ujar Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin dalam keterangannya kepada wartawan.

    Karena tidak terlihatnya hilal, lanjut Menag, maka sebagaimana lazimnya, sebagaimana ketentuannya maka bulan Ramadan yang sedang kita jalani sekarang ini diistikmalkan atau digenapkan menjadi 30 hari.

    “Dengan demikian maka besok hari Selasa kita masih berpuasa karena Ramadan ini menjadi 30 hari, besok masih 30 Ramadan,” kata Lukman.

    Keputusan sidang ini kemudian dituangkan dalam Keputusan Menteri Agama Nomor 481 Tahun 2019 tentang Penetapan Tanggal 1 Syawal 1440 H.

    Baca juga :  Hati-Hati Unggah Konten di Tanah Suci

    Hadir mendampingi Menag, Dirjen Bimas Islam Muhammadiyah Amin, Ketua MUI KH. Yusnar Yusuf, Ketua Komisi VIII DPR RI Ali Taher.

    Sidang Isbat sendiri dihadiri sejumlah pejabat pemerintah dan Tokoh Agama, diantaranya Imam Besar Masjid Istiqlal, Nasaruddin Umar. Hadir pula Duta Besar negara sahabat, utusan dari Mahkamah Agung, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Badan Informasi Geospasial (BIG), Bosscha Institut Teknologi Bandung (ITB), Planetarium, Pakar Falak dari Ormas-ormas Islam, Pejabat Eselon I dan II Kementerian Agama dan Tim Hisab dan Rukyat Kementerian Agama.

    Penulis: syamsuddin
    Editor: sigit
    Foto: bimasislam

    138 total views, 2 views today

    Please follow and like us:

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial