Friday , 15 November 2019

Berawal dari Rp. 400.000 menjadi sesuatu

  • 05 July, 2019  00:38:31 

  • 2 Juli 1993, sebuah kolom di halaman koran Republika bertajuk “Dompet Dhuafa” dibuka. Terdapat 11 nama donatur yang terpampang dengan jumlah donasi terkumpul sebesar Rp425.000. Jumlah yang cukup besar di kala itu. Belum ada gambaran besar, akan seperti apa Dompet Dhuafa berjalan. Para pendiri saat itu memiliki rencana untuk membantu para kaum dhuafa agar terbantu dan meringankan beban kehidupannya.

    Namun, seiring berjalan waktu, kolom bertajuk “Dompet Dhuafa” tak sekedar sebuah kolom di koran. Allah memberikan jalan dan kekuatan. Masyarakat sepakat dan memberikan dukungan dengan berbagai hal. Donasi yang masuk semakin banyak. Program tak hanya sekedar charity belaka. Dompet Dhuafa memasuki intervensi programya di berbagai sektor: ekonomi, sosial kemanusiaan, pendidikan, kesehatan, dakwah, dan budaya.

    Baca juga :  Dukung Kemajuan Pendidikan Islam, Pakar Hukum Keluarga UI Wakafkan Tanah kepada PDMA Pandeglang

    Dari sebuah gerakan crowdfunding di tahun 1993, kini 26 tahun kemudian, Dompet Dhuafa menjadi sebuah lembaga filantropi Islam yang bersumber dari dana zakat, infak, sedekah dan wakaf (ZISWAF). Dengan kekuatan dana tersebut, muncullah berbagai fasilitas dan dukungan untuk kaum dhuafa. Rumah sakit, lahan pekerjaan, modal usaha, pembinaan intensif dalam bidang ekonomi, bantuan kemanusiaan, bantuan kebencanaan, sekolah gratis, beasiswa, dan lain sebagainya.

    Puluhan juta penerima manfaat telah merasakan manfaat dari lebih 130 program Dompet Dhuafa. Ratusan mitra dan tentunya dukungan sahabat membuat Dompet Dhuafa terus tegak berdiri membentang kebaikan hingga ke seluruh Indonesia, bahkan berbagai belahan dunia. Hingga kini sudah ada 12 cabang Dompet Dhuafa di Indonesia dan 5 cabang di luar negeri.

    Baca juga :  IKAMA akan Menggagas usaha Biocyclo Farming dan Aquaculture

    Dompet Dhuafa lahir dari kepedulian masyarakat dan berkembang karena rasa kepedulian yang terus tumbuh hingga saat ini. Kepedulian dan keikhlasan berjuang agar Indonesia semakin berdaya, kuat, dan jauh dari jurang-jurang kemiskinan.

    Selamat Ulang Tahun ke-26, Dompet Dhuafa terima kasih telah memberi banyak ruang kebaikan yang terbentang untuk Indonesia.

    #26thMembentangKebaikan

    128 total views, 2 views today

    Please follow and like us:

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial