Sunday , 25 August 2019

Roadshow NGOBRAS Sambangi Mahasiswa Mathla’ul Anwar dan HMB Jakarta

  • 12 July, 2019  20:58:45 

  • TANGERANG SELATAN – Kembali untuk yang ke sekian kalinya, Aksi Cepat Tanggap/ACT melalui Direktorat Disaster Management Institut of Indonesia (DMII) menggelar Ngobrol Asik Siaga Bencana (NGOBRAS). Untuk kali ini NGOBRAS digelar pada Kamis sore, (11/7), dengan menggunakan konsep road show, menyambangi dua komunitas/organisasi kemahasiswaan Mathlaul Anwar dan Himpunan Mahasiswa Banten (HMB), di Sekretariat HMB di Ciputat – Tangerang Selatan. Hadir 30 peserta antusias mengikuti acara tersebut.

    Yadi Frans, Tim Trainer DMII yang menjadi pembicara NGOBRAS mengungkapkan dirinya sangat bersyukur bisa berbagi mengenai kesiapsigaan bencana dengan para mahasiswa Mathlaul Anwar dan HMB. Baginya mereka bisa menjadi ‘penyambung lidah’ DMII kepada masyarakat lainnya mengenai pemahaman kesiapsiagaan bencana. Karena menurutnya edukasi ini sangat penting yang harus didapatkan masyarakat.

    Menurutnya masyarakat harus memiliki kesiapsiagaan bencana diantaranya: Pertama, telah melakukan upaya preventif terhadap kemungkinan potensi bencana. Yang kedua, telah melakukan upaya mitigasi/pengurangan resiko bencana secara struktur maupun non struktur. Dan yang ketiga, memiliki peta potensi dan menyiapkan perlengkapan yang sekiranya diperlukan jika saat bencana itu datang secara personal maupun kelompok.

    Baca juga :  PCI Siap Gelar Kemah Bakti Nasional Mathla'ul Anwar

    “Setiap orang bisa menjadi penolong, ini adalah upaya menggeser paradigma masyarakat saat ini dan ke depan dalam emergansi respon penanggulangan bencana, sehingga diharapkan muncul kesadaran, pemahaman dan kemampuan dalam penanggulangan bencana. Karena bencana ini bukan hanya tugas relawan atau stekholder seperti ACT, BPBD, BNPB dan yang lainnya,” jelasnya.

    Yadi menambahkan ketika masyarakat sudah mengetahui dan memetakan potensi bencana seberapa besar dan banyak di wilayah tempatnya tinggalnya, maka sepenting dan sebesar itulah persiapan dan perbekalan masyarakat yang harus disiapkan sebagai upaya mengurangi resiko bencananya/mitigasi bencana.

    “Indonesia merupakan wilayah rawan bencana, tentunya masyarakatnya harus siap menghadapinya. Seperti yang dilakukan Pemerintah dan masyarakat Jepang yang sangat serius dalam menjalankan program mitigasi bencana di negaranya,” tegasnya.

    Baca juga :  SKh Mathla'ul Anwar Sabet Juara 1 Cipta Baca Puisi di Festival literasi

    Hal tersebut juga diamini Dhona El Furqon, salah satu Pengurus Mathla’ul Anwar Care menurutnya Program Roadshow NGOBRAS ini merupakan langkah awal memberikan kesadaran kepada masyarakat umum, khususnya bagi para pelajar Mathlaul anwar yang sebagian besar juga menjadi Anggota HMB, bagaimana kesiapsiagaan jika terjadi bencana.

    “Kegiatan seperti ini sangat penting untuk selalu dilaksanakan, dimanapun dan bagi siapapun. Karena menyangkut hak hidup orang banyak. Kami pun terus berusaha mengajak para pelajar kami untuk paham tentang mitigasi bencana dan bisa menyebarkannya ke masyarakat sekitarnya, ya minimal keluarganya,” tuturnya.

    Dhona berkomitmen akan terus menggelar mitigasi bencana kepada pelajarnya di Mathalaul Anwar dengan menggelar pelatihan yang lebih spesifik lagi. ”Kami siap bersinergi kembali dengan DMII-ACT untuk menggelar pelatihan mitigasi bencana yg lebih detail,”tekadnya.

    Baca juga :  Perguruan MA Padarincang Gelar GEMA Camp ke II

    Mathlaúl Anwar sendiri merupakan salah satu organisasi KeIslaman di Indonesia, yang didirikan tanggal 9 Juli 1916 di Menes, Banten (waktu itu masih Jawa Barat). Didirikan oleh para ulama diantaranya KH. Mas Abdurrahman, KH Moh. Yasin, dan tokoh lainnya. Saat ini Mathlaul Anwar telah berkembang ke seluruh Indonesia dengan ribuan lembaga pendidikan yang dikelolanya, termasuk Universitas Mathlaul Anwar (UNMA) di Pandeglang Banten.

    Saat ini Mathlaul Anwar merupakan salah satu mitra ACT yang turut aktif menyebarkan edukasi kemanusiaan kepada masyarakat, mereka bersinergi dengan Program Kemanusiaan ACT, termasuk setiap pekannya mempublikasikan rilis kemanusiaan ACT di website resmi Mathlaul Anwar.[] Muhajir Arif rahmani

    126 total views, 2 views today

    Please follow and like us:

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial