Saturday , 24 August 2019

Dapur Qurban Kembali Tebar Keberkahan, Bahagiakan Sesama

  • 10 August, 2019  22:55:08 

  • Pemprov DKI Jakarta kembali menggandeng sejumlah pihak, salah satunya Aksi Cepat Tanggap (ACT) untuk memperkuat pelaksanaan Dapur Qurban.

    JAKARTA – Iduladha adalah sebuah peristiwa yang memiliki makna amat dalam. Begitulah yang dikatakan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan kala memimpin prosesi acara penandatanganan surat kerja sama pelaksanaan program Dapur Qurban di Balai Kota Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, Jumat (9/8).

    Untuk kedua kalinya, Anies beserta jajaran Pemprov DKI Jakarta menggelar program Dapur Qurban. Untuk Iduladha 1440 Hijriah, Dapur Qurban mengusung tema “Menebar Keberkahan, Bahagiakan Sesama” dan akan dilaksanakan serentak pada Senin (12/8) mendatang atau tepatnya pada hari tasyrik pertama.

    “Alhamdulillah, kita bersyukur baru saja menyaksikan penandatanganan surat kerja sama Dapur Qurban. Kami, sejak tahun lalu, selalu mencoba untuk menjadi fasilitator sebuah kolaborasi kegiatan untuk mendukung membantu saudara kita yang pada saat ini kondisi ekonominya rendah,” kata Anies.

    Baca juga :  Jemaah Harus Tahu Ini Saat ke Raudhah

    Tak sendiri, Pemprov DKI Jakarta pun kembali menggandeng sejumlah pihak, salah satunya Aksi Cepat Tanggap (ACT) untuk memperkuat pelaksanaan Dapur Qurban. Menurut Anies, pemberian daging kurban kepada yang membutuhkan memiliki dua makna sekaligus. Dua makna tersebut antara lain dapat mendekatkan makhluk kepada Sang Khalik dan mendekatkan yang kuat kepada yang lemah.

    “Kalau kolaborasi begini maka jangkauannya lebih luas, dan juga keterlibatannya lebih luas lagi. Dengan ACT, kami telah melakukan kerja sama berkali-kali. Saya berterima kasih, saya apresiasi,” tutur Anies.

    Apabila umumnya saat Iduladha umat memberikan daging berbentuk mentah, Dapur Qurban menyediakan panganan dari daging yang telah diolah. Selain turut menyukseskan Dapur Qurban yang berdiri di sejumlah daerah prasejahtera, ACT juga akan menurunkan Humanity Food Truck.

    Baca juga :  Menggebyarkan Produk Halal dari Masjid ke Masjid

    Presiden Aksi Cepat Tanggap (ACT) Ibnu Khajar mengatakan, akan ada dua Humanity Food Truck yang beroperasi untuk menyediakan santapan bergizi dari olahan daging kurban. “Insyaallah besok chef-nya setara hotel berbintang, sehingga masyarakat bisa merasakan daging yang lezat dan bergizi,” kata Ibnu.

    Berbeda dengan tahun sebelumnya pula, kualitas panganan dari olahan daging kurban sendiri akan melalui proses seleksi, terutama dari segi kualitas. Nantinya telah ada lembaga Asosiasi Pangan Indonesia yang berkolaborasi dan akan menyelesaikannya. Sehingga, masyarakat dapat meyakini bahwa makanan yang diterimanya terjamin.

    “Semoga Jakarta bisa jadi kota yang maju, warganya sejahtera, dan ketimpangannya kian menipis. Insyaallah nanti kita sama-sama menyadari bahwa kita memiliki saudara yang hingga hari ini masih membutuhkan dukungan sosial ekonomi,” pungkas Anies. []

    62 total views, 2 views today

    Please follow and like us:

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial