Sunday , 22 September 2019

Irsyad Djuwaeli: MA Komitmen Dengan Pancasila

  • 31 August, 2019  17:15:06 

  • “Kami menyayangkan dengan opini sebagian orang yang menyatakan bahwa MA anti Pancasila” ujar Irsyad Djuwaeli dalam sambutannya pada acara Rakernas MA 2019 di Menes, Pandeglang, Banten.

    Irsyad Djuwaeli yang juga Ketua Majelis Amanah Mathlaul Anwar ini menyatakan bahwa Mathlaul Anwar komitmen dengan falsafah bangsa Indonesia, Pancasila.

    “Itu di hymne kita penggalan liriknya menyatakan bahwa MA merupakan masyarakat berpancasila, jadi tidak benar itu mereka yang menuduh MA begini-begini” katanya.

    Staf Khusus Presiden Jokowi ini juga menjelaskan tentang awal mula sejarah Madrasah MA berdiri.

    “Untuk memulangkan KH Mas Abdurrahman yang mukim di Mekkah ke Indonesia, Kyai Tb Soleh menjual kebun kelapanya sebagai modal ongkos kepulangan KH Mas Abdurrahman” katanya.

    Baca juga :  Perguruan MA Barengkok Wisuda 129 Siswa

    Setelah KH Mas Abdurrahman pulang, sinergitas antara Kyai sepuh dan Kyai muda terjadi sehingga para beliau sepakat untuk mendirikan lembaga pendidikan Islam yang berbentuk Madrasah untuk pertama kalinya pada tahun 1916.

    Ketua PBMA periode 1991-2010 ini juga menyatakan bahwa perpecahan adalah salah satu penyakit yang sering rerjadi dalam tubuh organisasi.

    “Perpecahan dalam tubuh organisasi ini sering terjadi, dulu berbeda sedikit keluar dan berpisah dari organisasi mendirikan lembaga pendidikan yang baru, sehingga di Menes ini sebagai sentral berdirinya MA banyak lembaga pendidikan Islam yang secara historis mereka menginduk dan berasal dari sini” paparnya.(faiz)

    71 total views, 2 views today

    Please follow and like us:

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial