Friday , 15 November 2019

Ketua Umum PBMA: MA Salah Satu Pelopor Madrasah Modern

  • 31 August, 2019  18:48:01 

  • “Dalam sejarahnya, pada mulanya Madrasah yang memadukan sistem modern-klasikal hanya ada 3 di Indonesia. Dan Mathlaul Anwar merupakan salahsatu pelopor pendirian Madrasah perpaduan sistem modern-klasikal di Indonesia” ujar KH Sadeli Karim Lc, Ketua Umum PB Mathlaul Anwar pada sambutan saat Rakernas MA 2019 di Komplek Perguruan MA Pusat Menes.

    MA pertamakali berdiri dalam bentuk Madrasah pada tahun 1916. Setelah melalui serangkaian diskusi dan konsolidasi para Kyai lokal Menes yang bertekad untuk membawa umat dari jurang kebodohan.

    KH Entol Yasin dan KH Tb Sholeh beserta Kyai sepuh lain memanggil seorang faqih yang masih muda yang belajar di Mekkah al-Mukaramah, KH Mas Abdurrahman.

    Baca juga :  Mathla'ul Anwar Sport Center Siap Fasilitasi Bakat Siswa-siswi di Perguruan MA Pusat Menes

    Sebagai bentuk perlawanan terhadap kolonial dan melihat kondisi pendidikan di Banten para beliau sepakat untuk mendirikan lembaga pendidikan Islam yang dinamai Mathlaul Anwar, berdiri di atas tanah wakaf seorang saudagar asal Menes.

    Kini 103 tahun berlalu Mathlaul Anwar yang sudah tersebar dan perkembangannya kian cepat tetap konsisten atas kontribusinya mencerdaskan anak bangsa.

    “Majunya Banten, majunya Indonesia tergantung pada pendidikan, sebab dengan pendidikan semua hal masalah dapat terentaskan” katanya.

    Sadeli juga berharap agar pemerintah serius dalam memperhatikan kondisi Madrasah.

    warga Mathlaul Anwar menyemarakkan pembukaan Rakernas 2019

    Rakernas MA 2019 yang berlangsung selama 3 hari ini dihadiri oleh 273 peserta yang terdiri dari 23 perwalilan provinsi. Dalam pembukaan Rakernas 1200-an warga MA memadati arena Rakernas sebagai bentuk semarak dan semangat akan perhelatan akbar ini.(faiz)

    116 total views, 2 views today

    Please follow and like us:

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial