Wednesday , 23 October 2019

Kemarau, MA Care Salurkan Air Bersih di Desa Turus

  • 01 October, 2019  17:45:22 

  • Kemarau yang berkepanjangan, membuat beberapa daerah terdampak kekeringan dan menyebabkan sulitnya air bersih. Selasa siang 1 Oktober 2019, Mathla’ul Anwar Care akhirnya berhasil berupaya memboyong 5000 liter air bersih untuk menutupi kebutuhan dasar masyarakat di Kampung Turus, Desa Turus, Kecamatan Patia, Pandeglang.

    Pantau redaksi dilapangan Antusias terlihat masyarakat terlihat satu jam sebelum mobil pembawa air bersih datang. Deretan drigen sudah berjajar. Masyarakat rela antri untuk mendapatkan air bersih untuk kebutuhan sehari-hari dalam hal ini untuk minum dan memasak.

    Salah satu masyarakat bernama onah, mengutarakan kepada redaksi tiap musim kemarau ia bersama masyarakat lainnya harus susah payah mendapatkan air bersih.

    “Ya begini pak, kalau tiap musim kemarau kami kadang mandi sehari sekali karena harus mendahulukan kebutuhan makan dan minum” ujar onah dalam logat Sunda Banten.

    Baca juga :  Sempat Diguyur Hujan Deras, Kemah Bhakti Nasional MA Resmi Ditutup

    Sementara sumur di rumahnya sudah mengering. Kalaupun harus mengebor harus kedalaman 70 meter.

    “kalau ngebor untuk air bersih kan mahal pak, uang dari mana” tambah onah yang kadang bekerja sebagai buruh tani.

    Sementara Mulyadi, koordinator MA Care  menjelaskan bahwa permintaan air bersih ke lembaganya cukup banyak akan tetapi yang terlayani baru dua tempat. Hal ini karena sulitnya mobil pengangkut air yang sudah penuh jadwalnya.

    “Jadi kami harus mencari mobil mana yang pada hari ini kosong, itupun kami harus  pesan dua sampai tiga hari sebelumnya” ungkap Mulyadi.

    Ia juga mengupayakan agar air bersih yang didapatkan gratis, untuk itu ua dan lembaganya bersurat ke Desa Muruy Menes yang memiliki sumber air bersih.

    Baca juga :  Pemerintah Akan Prioritaskan Pembahasan RUU Pesantren

    “Jadi kami hanya membayar ongkos angkut dari sumber air ke patia yang jaraknya hampir 30 kilometer dengan jalan desa yang sempit” jelasnya.

    Ia juga mengajak masyarakat yang lain untuk berpartisipasi bersama MA Care meringankan beban masyarakat yang kesulitan air bersih seperti di daerah  Patia dan Panimbang. (Faiz/don)

     

     

     

     

     

     

     

    80 total views, 2 views today

    Please follow and like us:

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial