Saturday , 17 October 2020

Puluhan Ribu Santri Mathla’ul Anwar di Berbagai Daerah Peringati HSN 2019

  • 22 October, 2019  21:38:54 

  • Mathlaonline–Puluhan ribu santri Mathla’ul Anwar di berbagai daerah di seluruh Indonesia memperingati Hari Santri Nasional 2019 yang di gelar setiap 22 Oktober setiap tahunnya.

    Sesuai Kepres No 22 Tahun 2015 tentang Hari Santri, maka Mathla’ul Anwar yang memiliki ribuan madrasah dengan puluhan ribu santri yang tersebar turut merayakan Hari Santri Nasional bersama ormas-ormas lainnya.

    Hari Santri Nasional 2019 mengusung tema bertajuk “Santri Indonesia Untuk Perdamaian Dunia” peringatan Hari Santri ini merupakan bentuk dari peran kaum santri yang selama ini ikut andil penting dalam kebhinekaan dan keIndonesiaan.

    Maka, madrasah-madrasah Mathla’ul Anwar sebagai salah satu entitas santri memperingati Hari Santri Nasional dengan semarak. Ini bukti bahwa Mathla’ul Anwar terus menjaga kebhinekaan dan keIndonesiaan.

    Baca juga :  Fatwa MUI Tentang Hukum dan Pedoman Bermuamalah Melalui Media Sosial

    Di Lebak, para santri MTs Mathla’ul Anwar Ciparasi nampak antusias mengikuti festival hari samtri yang diadakan oleh panitia. Festival HSN dikemas dengan semenarik mungkin seperti murak liweut, qasidah, lcc, bedah film, pengajianan santri, bakti sosial, dan lomba marawis.

    Kepala MTs Mathla’ul Anwar Ciparasi mengingatkan kepada para santri agar di HSN ini senantiasa memompa semangat dalam beribadah.

    “Melalui Hari Santri Nasional ini siswa/i agar dapat melakukan hal-hal positif, dan tidak meninggalkan kewajiban sebagai umat muslim, seperti Shalat lima waktu dan ibadah lain,” ungkapnya.

    Sementara, di Perguruan Mathla’ul Anwar Cintamulya Kabupaten Lampung Selatan ribuan santri Mathla’ul Anwar ikut serta dalam apel pagi peringatan Hari Santri Nasional. Para santri memakai pernak-pernik identitas kebangsaan tanpa menghilangkan identitas kesantrian. Beberapa rangkaian kegiatan berlangsung semarak dalam menyambut HSN 2019 di Perguruan MA Cintamulya.

    Baca juga :  MA Buaranjati : Beragam Penampilan Meriahkan Kenaikan dan Pelepasan Siswa

    Di Perguruan Mathla’ul Anwar Padarincang, dalam peringatan HSN 2019 Kepala MAS Mathla’ul Anwar Padarincang mengajak santri di MA Padarincang agar senantiasa mencontoh spirit KH Mas Abdurrahman.

    “Di HSN 2019 ini adalah momen untuk meningkatkan stimulus belajar para santri untuk turut serta membangun bangsa dan agama. Spirit ini di contohkan oleh pendiri Mathla’ul Anwar KH Mas Abdurrahman,” ujar Syukron, Kepala MAS MA Padarincang.

    Siswa di MI Mathla’ul Anwar Putat juga nampak semangat dalam merayakan Hari Santri. Para siswa bersarung dan berpeci dalam mengikuti KBM. Tubahrul, dewan Guru MI MA Putat menyampaikan harapannya agar para santri di lingkungan Mathla’ul Anwar bisa mengamalkan ilmunya sesuai dengan tuntunan Al-Qur’an dan Al-Hadits.

    Baca juga :  Agar KBM Sesuai Tuntunan Kurtilas, MA Padarincang Gelar Pelatihan

    Lain hal dengan Perguruan Mathla’ul Amwar Pusat Menes, bukan hanya memperingati HSN 2019 dengan melakukan apel akbar dan kegiatan lainnya dengan melibatkan seluruh satuan pendidikan di lingkungan Perguruan MA Pusat Menes, tapi peringatan HSN 2019 dibarengi dengan peresmian Mathla’ul Anwar Sport Center sebagai pusat olahraga siswa di Perguruan MA Pusat Menes.

    Di peringatan HSN 2019 ini semoga para santri-santri Mathla’ul Anwar seluruh Indonesia bisa menjadi santri dan warga negara yang bermanfaat bagi agama dan negara. (faiz)

     296 total views,  2 views today

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial