Thursday , 15 October 2020

Press Release Mathla’ul Anwar (MA) Menyambut Kabinet Indonesia Maju 2019 – 2024

  • 24 October, 2019  20:24:47 

  • Bismillahirrahmanirahim

    Sekilas Mathla’ul Anwar (MA)

    Mukadimah Undang Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945, menyatakan bahwa atas berkat rahmat Allah Yang Maha Kuasa, dan didorongkan oleh keinginan luhur supaya berkehidupan kebangsaan yang bebas, maka rakyat Indonesia menyatakan kemerdekaannya. Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945 memberi jaminan kepada warga negaranya untuk berkumpul dan bersyarikat dalam rangka ikut serta berjuang dan berupaya untuk mencapai cita-cita Proklamasi Kemerdekaan RI, yaitu terwujudnya masyarakat adil, makmur, aman dan tentram yang diridhai Allah SWT.

    Mathla’ul Anwar (MA) adalah ormas Islam yang didirikan pada 1916 M di Menes, Pandeglang, Banten. Bertujuan untuk mewujudkan masyarakat Indonesia yang beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT, sehat jasmani dan rohani, berilmu pengetahuan, cakap dan terampil, serta berakhlaqul karimah dan berfalsafah Pancasila. Didirikan oleh KH Mas Abdurrahman bin Jamal al-Janakawi (1875 – 1944).

    Mathla’ul Anwar adalah Ormas yang independen, tidak bernaung dibawah partai tertentu. Saat ini dipimpin oleh Ketua Umum KH. Ahmad Sadeli Karim sejak 2010. Sebelumnya, Mathla’ul Anwar dipimpin oleh Ketua Umum KH Irsjad Djuwaeli (saat ini menjabat sebagai Ketua Majelis Amanah) yang memimpin Mathla’ul Anwar sejak tahun 1990 s/d 2010. Mathla’ul Anwar telah banyak berkiprah dalam mencerdaskan kehidupan bangsa dalam tiga bidang program yaitu Pendidikan, Dakwah dan Sosial melalui ribuan satuan pendidikan yang tersebar di seluruh Indonesia.
    Mathla’ul Anwar juga Ormas Islam yang toleran dan moderat, yang mengikuti tuntunan ahlussunah waljamaah serta menolak radikalisme dan terorisme.

    Baca juga :  Ketua Perguruan MA Buaranjati; Jabatan Kapala Madrasah adalah Amanah

    Organisasi Mathla’ul Anwar dengan misi utama mencerdaskan kehidupan ummat, akan terus memberikan pendidikan dan pencerahan kepada masyarakat mengenai bahaya paham radikal ekstrem. Mathla’ul Anwar senantiasa mengedepankan Islam yang Rahmatan lil ‘Aalamin dan ajaran Ahlus-Sunnah wal Jamaah untuk membangun keharmonisan kehidupan baik sesama maupun antar umat.

    Dalam pengajaran kepada warganya, Mathla’ul Anwar menjalankan 9 (Sembilan) prinsip organisasi yaitu:

    Berpegang teguh kepada Alquran dan Assunah, Bersatu dalam Aqidah, Berjamaah dalam ibadah, Toleran
    dalam khilafiyah, Bersikap tegas terhadap bid’ah, Berorientasi kepada mashlahatil ummah, Piawai dalam siyasah, Bersama membangun masyarakat dengan Pemerintah serta Berjuang di jalan Allah Swt.
    Sehubungan telah dilantiknya para menteri dalam Kabinet Indonesia Maju, tanggal 23 Oktober 2019,

    Baca juga :  Meriahkan HUT RI ke 74, MIS MA Tamansari Bogor Gelar Beragam Lomba

    Mathla’ul Anwar menyampaikan hal-hal sebagai berikut:

    1. Bersyukur kepada Allah SWT atas pelantikan yang telah berlangsung aman dan lancar, semoga Kabinet Indonesia Maju berhasil memenuhi harapan dan cita cita bangsa Indonesia. Mathla’ul Anwar juga mengucapkan syukur atas telah tuntasnya kontestasi politik nasional dalam rangka menentukan pemimpin terbaik yang alhamdulillah rakyat Indonesia telah memilih Bapak Ir. Joko Widodo menjadi Presiden RI yang telah dilantik oleh Ketua MPR tanggal 20 Oktober 2019.

    2. Mathla’ul Anwar mengajak semua komponen bangsa untuk kembali bersatu dan bahu membahu bersama Pemerintah untuk membangun bangsa sesuai cita cita proklamasi. Kontestasi politik sudah berakhir dan pemenangnya sudah didapatkan saatnya rakyat kembali bersatu.

    3. Mathla’ul Anwar menyambut positif dan mendukung terpilihnya Jenderal (Purn) Fachrul Razi sebagai Menteri Agama RI, siap membantu menyukseskan program Menteri Agama dalam membangun keharmonisan umat dan memberantas radikalisme. Sebagai mana diketahui bahwa Jenderal (Purn) Fachrul Razi adalah salah satu pengurus Mathla’ul Anwar yaitu anggota Majelis Amanah Pengurus Besar Mathla’ul Anwar (PBMA).

    4. Mathla’ul Anwar mengucapkan selamat bekerja kepada semua Menteri yang baru dilantik dalam Kabinet Indonesia Maju semoga semua Menteri dapat bekerja sebaik baiknya sampai berakhirnya masa jabatan dengan husnul khotimah. Mathla’ul Anwar mengingatkan kepada semua Menteri terpilih agar bekerja sesuai aturan konstitusi dan menepati sumpah jabatan saat dilantik.

    Baca juga :  MA Buaranjati : Beragam Penampilan Meriahkan Kenaikan dan Pelepasan Siswa

    5. Mathla’ul Anwar menghimbau semua komponen bangsa untuk memberi kesempatan dan memberi kepercayaan kepada semua Menteri untuk bekerja sebaik baiknya. Karena semua Kementerian bekerja untuk Negara, untuk semua masyarakat, untuk semua warga negara Indonesia, bukan untuk Ormas dan atau Orpol/Parpol.

    6. Mathla’ul Anwar akan senantiasa mendukung Pemerintah sepanjang Pemerintah melaksanakan tugasnya sesuai dengan konstitusi. Mathla’ul Anwar siap bekerjasama dengan Pemerintah dalam mencerdaskan kehidupan bangsa dan meningkatkan kualitas kehidupan berbangsa dan bernegara. Usaha mencerdaskan kehidupan bangsa sudah dilakukan oleh MA sejak lebih dari seratus tahun yang lalu dengan mendirikan ribuan satuan Pendidikan yang masih eksis hingga saat ini.

    Hadanallahu waiyyakum ilaa shiratil mustaqim,

    Jakarta, 24 Oktober 2019

    Ketua Majelis Amanah
    Pengurus Besar Mathla’ul Anwar

    ttd

    KH. Irsjad Djuwaeli

     278 total views,  2 views today

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial