Thursday , 5 December 2019

Lorong Diskusi: Vaksin Edukasi di Tengah Keheningan Ruang Publik Pandeglang

  • 07 November, 2019  10:03:31 

  • *Oleh: Faiz Romzi Ahmad 

    Aura kebangkitan ruang publik datang dari jalan kecil menuju Fakultas Hukum dan Sosial dan Fakultas Ekonomi UNMA Banten. Biasanya jalan kecil itu hanya menjadi lalu-lalang mahasiswa/i atau duduk-duduk santai menunggu kepastian dosen masuk kelas atau tidaknya.

    Jalan kecil tersebut disebut lorong karena dihimpit oleh bangunan kelas dan ruang fakultas di kanan-kirinya.

    103 tahun ruang publik di Pandeglang mulai memiliki ghairah. Dalam riwayat para kyai lokal berkumpul  menghidupkan forum diskursus dan ruang dialektik.

    Singkat cerita, hasil dari forum diskursus tersebut para Kyai sepakat menghasilkan satu gagasan besar. Gagasan tersebut kini menjelma menjadi ribuan madrasah ‘Mathla’ul Anwar’ yang terdiri dari seluruh tingkatan dan perguruan tinggi, termasuk jalan kecil atau lorong tempat mahasiswa/i tadi berlalu-lalang.

    Baca juga :  Fajri Ismail pimpin PWMA Sumsel

    Lorong Diskusi serial Ke-3 dengan tema mengulas bacalon bupati Pandeglang | dokpri

    Sudah kali ke 3 lorong diskusi melakukan serial diskusinya secara berkala. Munculnya lorong diskusi adalah sebagai estafeta perjuangan menghidupkan public sphare yang telah lama dihegemoni keheningan.

    Dengan menghadirkan tema diskusi yang aktual dan pemantik diskusi yang seksi serta bahasan-bahasan yang diulas dengan santai, lorong diskusi tampil sebagai medium interaksi sambil nguyup kopi.

    Vaksinisasi edukasi pada publik dilakukan oleh lorong diskusi di tengah public sphare Pandeglang yang dihegemoni kesunyian.

    *Penulis adalah Kru Lorong Diskusi

    58 total views, 2 views today

    Please follow and like us:

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial