Thursday , 20 February 2020

Masyarakat Janaka Mendukung Gelar Pahlawan Nasional untuk KH Mas Abdurrahman

  • 23 December, 2019  20:24:10 

  • Janaka, Mathlaonline—Janaka merupakan sebuah desa di kaki Gunung Aseupan, tempat dimana KH Mas Abdurrahman dibesarkan semasa kecil sampai beranjak remaja. Di sinilah KH Mas Jamal ayah dari KH Mas Abdurrahman bermukim.

    Itikad Pengurus Besar Mathla’ul Anwar mengoalkan gelar Pahlawan Nasional untuk KH Mas Abdurrahman mendapatkan dukungan dari masyarakat Desa Janaka, Kecamatan Jiput, Kabupaten Pandeglang.

    Nurdin, masyarakat Janaka menyampaikan alasan-alasan mengapa KH Mas Abdurrahman sangat layak menyandang gelar pahlawan.

    “Memang layak, karena KH Mas Abdurrahman itu pergerakannya sama dengan tokoh-tokoh nasional seperti KH Hasyim Asyari dan KH Ahmad Dahlan, apalagi sepak terjangnya dalam dunia pendidikan,” tuturnya pada redaksi Senin (23/12/2019)

    Baca juga :  MAGS Serang Siap Menerima Siswa Tahun Ajaran 2017/2018

    Masyarakat Janaka sangat familiar dengan KH Mas Abdurrahman dan disebut sebagai Tuan Guru oleh masyarakat.

    “Bahkan tiap tahun di Janaka mengadakan haul KH Mas Abdurrahman, di tiap-tiap majelis ta’lim nama KH Mas Abdurrahman selalu disebut untuk dihadiahkan al-fatihah,” ucap Nurdin yang juga Kepala MAS Mathla’ul Anwar Janaka.

    Kitab-kitab karangan KH Mas Abdurrahman masih dikaji dalam pengajian mingguan dan diajarkan dalam madrasah-madrasah di Janaka.

    Keberadaan Mathla’ul Anwar di Janaka yang tidak lain merupakan tanah leluhur KH Mas Abdurrahman menjadikan antusiasme masyarakat Janaka terhadap Mathla’ul Anwar masih sangat tinggi, banyak orang tua di Janaka menyekolahkan anaknya di madrasah-madrasah Mathla’ul Anwar.

    “Dibandingkan sekolah dasar, alhamdulillah siswa di madrasah Mathla’ul Anwar adalah yang paling banyak. Dan gedung madrasah yang terdiri dari 4 lokal ini adalah 100% hasil swadaya masyarakat,” ujarnya.

    Baca juga :  Rakerwil MA Riau :Cahaya Riau untuk Indonesia

    Masyarakat Janaka mendukung penuh gelar Pahlawan Nasional untuk KH Mas Abdurrahman karena selain sebagai putera daerah, beliau telah meninggalkan jejak keilmuan yang manfaatnya masih terasa sampai sekarang. (faiz)

     

    53 total views, 2 views today

    Please follow and like us:

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial