Friday , 27 November 2020

Tadabur Ayat Kemerdekaan

  • 17 August, 2020  13:32:40 

  • Tadabur ayat kemerdekaan 17-8-1945*

    Oleh

    Miharja, Ph.DP (PDMA Garut)

    Sebagai mahluk yang Tuhan ciptakan, meyakini semua yang ada sudah lebih dahulu Tuhan tentukan pada manusia & makhluk lainnya.

    Termasuk di dalamnya, kemederkaan bangsa ini pada tanggal 17 Agustus 1945 pada hari Jumat.

    Indonesia merdeka pada tanggal 17 Agustus 1945 yang mana jika dihitung pada kalender Hijriah bertepatan dengan 8 Ramadhan 1364 H. Bulan suci Ramadhan merupakan bulan ke 9 di kalender hijriah, yakni tanggal 8 bulan 9 tahun 1364 H.

    Mari kita cari angka 8 dan 9 untuk menemukan surah dan ayat dalam Al-Quran. Pada surah Al-Anfal (surat ke-8) ayat 9 yang artinya: “(Ingatlah), ketika kamu memohon pertolongan kepada Tuhanmu, lalu diperkenankan-Nya bagimu, Sesungguhnya Aku akan mendatangkan bala bantuan kepada kamu dengan seribu malaikat yang datang berturut-turut”. Menunjukkan adanya pertolongan Yang Maha Kuasa, dengan kekuatan langit.

    Baca juga :  Khusyuklah!

    Lanjut pada ayat ke-17 di surat ke-8, yang artinya: “Maka (yang sebenarnya) bukan kamu yang membunuh mereka, akan tetapi Allahlah yang membunuh mereka, dan bukan kamu yang melempar ketika kamu melempar, tetapi Allah-lah yang melempar. (Allah berbuat demikian untuk membinasakan mereka) dan untuk memberi kemenangan kepada orang-orang mukmin, dengan kemenangan yang baik. Sesungguhnya Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui,” (QS. Al-Anfaal: 17).

    Demikian juga pada ayat ke-45 masih di surat ke-8, yang artinya: “Hai orang-orang yang beriman. Apabila kamu memerangi pasukan (musuh), maka berteguh hatilah kamu dan sebutlah (nama) Allah sebanyak-banyaknya agar kamu beruntung,” (QS. Al-Anfaal: 45).

    Kita paham pada pernyataan pembukaan UUD 1945, bahwa kemerdekaan ini adalah “atas berkat rahmat Allah Yang Maha Kuasa”, yang digemakan dengan takbir “Allahu Akbar” dan pengorbanan darah para syuhada.

    Baca juga :  Muhasabah Ramadhan, Menangkal liberalisme

    Sahabat, mengisi kemerdekaan dengan pembangunan yang berlandaskan religi untuk menggapai kemakmuran adalah mutlak, agar kita semua termasuk pada kelompok “Yang mendapat berkat rahmat Allah SWT”.

    SELAMAT HUT RI KE-75

     60 total views,  4 views today

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial