Saturday , 26 September 2020

SMA MA Bandung Utamakan Pembentukan Akhlak

  • 31 August, 2020  12:32:32 

  • Mathlaulanwar,BANDUNG – SMA Mathla’ul Anwar berada di bawah naungan Yayasan Pendidikan dan Pengajaran Mathla’ul Anwar Pesantren Palgenep Margahayu. Beralamat di Jalan Terusan Kopo Margahayu no. 302 Kabupaten Bandung.

    Sekolah ini mengutamakan pembelajaran keagamaan, sehingga melakukan pembiasaan sebelum kegiatan belajar mengajar dimulai yaitu pembentukan akhlak seperti Murojaah, Tilawah, Tahfidz, dan membaca asmaulhusna di setiap hari Selasa hingga Jumat Pukul 6.30 WIB dan di sela-sela pergantian pelajaran. Lalu. setiap Sabtu, ada latihan muhadoroh atau berpidato.

    “Sangat disayangkan jika para murid cerdas dalam akademik tapi tidak diimbangi dengan akhlak yang baik,” ujar Arry Suryati (44), Guru Pembina Ekstrakurikuler, Senin (03/02/2020).

    Pembiasaan tersebut menjadi salah satu muatan lokal sekolah ini. Ditargetkan para siswa-siswi minimal satu tahun sudah hafal Juz 30.

    Baca juga :  Pernyataan Sikap Pengurus Besar Mathla’ul Anwar Atas Kejahatan Penusukan Terhadap Menteri Polhukam Jenderal (Purn) Dr. H. Wiranto

    “Diawali dengan paksaan, mudah-mudahan jadi kebiasaan, jika sudah biasa akan menjadi karakter,” ujar Mahmud Yusuf (46), Guru Kesiswaan dan Pembinaan di mesjid, Senin (03/02/2020).

    Sekolah hanya memberikan sebuah jalan, lanjut Mahmud Yusuf, karena sebenarnya kemampuan tersebut berasal dari motivasi anak itu sendiri.

    Pembiasaan ini, kata Mahmud, berkaitan dengan kesadaran para siswa. Jika siswa tersebut sadar dalam keagamaan semua akan tergapai dengan sendirinya dan kedisiplinan tentu menjadi faktor utama dalam pembentukan Akhlak yang baik.

    Pembiasaan pembentukan akhlak tersebut sudah berjalan sekitar 10 tahun yang biasanya dibimbing dua orang, lalu dalam satu tahun ini difokuskan ke program tahfidz.

    Dengan menggunakan sistem kurang lebih tiga baris harus hafal, jika dijumlahkan para siswa membaca ayat tersebut dalam satu hari bisa sampai 40 kali Murojaah.

    Baca juga :  Saat Impian Kembali Ke Palestina Memudar

    “Insyaallah kegiatan spritual ini akan mengantarkan anak-anak menuju jalan kesuksesan,” ujar Mahmud Yusuf. (Ghobriz).

     24 total views,  2 views today

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial