Friday , 27 November 2020

Mathla’ul Anwar Jateng Bersinergi Dengan Kemenag Semarang

  • 26 October, 2020  17:41:12 

  • Mathlaulanwar(Jateng),-, masa pandemic covid memang merupakan kondisi yang sangat tidak menyenangkan. Maka PW Mathla’ul Anwar Jawa Tengah di masa pandemic covid ini justru menyikapinya dengan menjadikan keberkahan yang luar biasa bersama dengan Kementrian Agama Balitbang Semarang. 

    Sekretaris PWMA Jateng , H. Agus Haryadi, menjelaskan, lebih dari 4 tahun berjalan setiap ada FGD terkait tentang ormas di Balitbang pasti PW Mathla’ul Anwar Jawa Tengah senantiasa mendapat kehormatan baik sebagai peserta maupun pemasaran, terkait tentang ZIS, Ormas, Pembejaran di Madrasah, tentang pendidikan Kuttab dan lain sebagainya.

    “Nah, pada kesempatan saat pandemic ini, ada satu tim peneliti yang berinisiatif akan mengadakan penelilitan ke  beberapa PDMA Kota dan Kabupaten di wilayah Jawa Tengah. Salah satu Timnya adalah Bapak Rosidin yang kebetulan beliau juga pengurus Wilayah Mathla’ul Anwar Jawa Tengah,” ujar Sekretaris PWMA Jateng , H. Agus Haryadi, (26/10/20), memberikan keterangan redaksi mathdot.

    Fokus utama yang akan di cari adalah tentang keberadaan Mathla’ul Anwar di beberapa Kota dan Kabupaten tersebut, kegiatan yang sedang berjalan, kepengurusan serta aset-aset yang dimiliki.  Adapun Kota dan Kabupaten yang  menjadi obyek kegiatan dari tim Balitbang diantaranya adalah Kota Salatiga, Kabupaten Semarang, Kabupaten Banjarnegara,  Kabupaten Temanggung, Kabupaten Purbalingga, Kabupaten Brebes, Kabupaten Tegal, Kabupaten Pekalongan dan Kabupaten Pemalang.

    Baca juga :  Kembangkan Fasilitas, Perguruan MA Pasridurung Bangun Asrama dan Lapangan Olahraga

    “Sebelum terjun ke Lapangan Tim Peneliti dari Balitbang mengadakan koordinasi dan konsulidasi bersama pengurus harian PWMA Jawa Tengah,” lanjutnya.

    Dari PWMA Jateng merekomendasikan 4 kota dan Kabupaten untuk dijadikan obyek penelitian. Dengan catatan keempat kota – kabupaten tersebut telah memiliki struktur kepengurusan yang telah di SK-kan, yaitu;  Kota Salatiga peneliti  Bapak Lilam Kadarin, Kota Magelang peneliti Bapak Arnis Rahmadhani, Kabupaten Banjarnegara Peneliti Ibu Titi Isnaini Fauzah dan Kabupaten Brebes peneliti Bapak Rosidin.

    Mengapa keempat kota dan kabupaten ini yang PWMA sarankan? Hal ini dengan pertimbangan;  Kota Salatiga ada tokoh senior KH. Amin Hambali; Kota Magelang ada Yayasan terbesar di Jawa Tengah yaitu Yayasan Al Iman dengan tokoh Habib Fattah, Kabupaten Banjarnegara terdapat Lembaga Mathla’ul Anwar tertua di Jawa Tengah. Terdapat Lembaga pendidikan formal dari RA, MI dan MTs , dengan  pengurus yang senior yang memiliki komitmen kuat terhadap  Mathla’ul  Anwar;  dan Kabupaten Brebes ada alumnus Universitas Mathla’ul Anwar Banten yang mendirikan lembaga pendidikan dan eksis dengan bendera Mathla’ul Anwarnya.

    Baca juga :  Pusat Riset Apple di BSD Bakal Rekrut 400 Karyawan

    Namun, dengan berjalannya waktu terdapat perubahan tempat oleh tim peneliti dengan berbagai pertimbangan karena  situasi , lokasi dan kondisi.  Dan alhamdulillah walaupun terjadi perubahan tempat dan lokasi, hal ini justru memberikan informasi yang luar biasa untuk PWMA Jawa Tengah.

    Catatan yang sangat memberikan kontribusi yang luar biasa bagi MA, yaitu dengan ditambahnya lokasi Kabupaten Purbalingga oleh ibu Titi , Kabupaten Tegal oleh bapak Rosidin,  Kabupaten Pemalang  dan Kabupaten Temanggung oleh Bapak Arnis. Hal ini menambah ghirah dan semangat dari masing-masing kota dan Kabupaten untuk segera melengkapi kepengurusan PDMA-nya.

    “Bahkan yang sangat mengejutkan ternyata di Kabupaten Pemalang terdapat Lembaga Pendidikan dari Jenjang RA ,MI, MTs, Pondok pesantren, yang semuanya adalah di bawah Yayasan Mathla’ul Anwar tegas Agus Haryadi selaku sekretaris PWMA jateng,” ungkapnya.

    Sebagai puncak acara, hasil penelitian tim Balitbang tersebut adalah dipresentasikan pada  acara “Seminar hasil penelitian di The Hotel Azana Airport Semarang” pada Selasa (13/102020), jam 08,00 s/d 14,00 wib.

    Baca juga :  Kenapa Pelajar di Finlandia Bisa Pintar?

    Dalam acara tersebut hadir H. Sumanto Ketua PWMA Jateng , H. Agus Haryadi sekretaris PWMA Jateng, Bapak  Rosidin Bendahara PWMA Jateng. Hadir pula undangan khusus Ketua PDMA Kota dan Kabupaten yang diteliti; Bapak Imam Mas Arum,M.Pd dari Kota Salatiga, Bapak H. Zainudin,S.Ag dari Kabupaten Banjarnegara, Bapak Adib Mukhlisun,S.Pd.I dari Kabupaten Temanggung , Bapak  Wardiman,M.Ag Kabupaten Brebes dan Bapak  Winarso,M.Ag dari Kabupaten Tegal serta H. Aguh Asip Faroya,M.Pd.I dari Kota Semarang.

    Dalam acara yang singkat tersebut, oleh ketua PWMA Jateng sekaligus dimanfaatkan untuk bersilaturrahmi dan berkoordinasi singkat terkait kegiatan di masing-masing PDMA yang hadir pada acara tersebut. Sebagai bentuk tugas monitoring dan evaluasi terhadap kegiatan di masing-masing PDMA Kota dan Kabupaten.  Dengan harapan,  “semoga pelaksanaan  kegiatan bersinergi seperti  ini  senantiasa akan dapat terjalin pada program-program selanjutnya. Aamiin.”

    Editor : Roby Ghobriz.

     53 total views,  2 views today

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial