Friday , 22 January 2021

Refleksi Kebangsaan Dari Muswil PWMA Jabar

  • 31 December, 2020  14:04:21 

  • Oleh S. Miharja, Ph.D

    Mathlaulanwar.or.id, – Musyawarah Wilayah merupakan momentum tertinggi bagi organisasi tingkat wilayah. Di dalamnya memuat sikap, pikiran, evaluasi dan perencanaan program sebagai kelanjutan bagi bagi umat Islam, masyarakat dan negara.

    Dalam dinamika kebangsaan yang beragam paham dan aliran keyakinan, organisasi Mathlaul Anwar sudah teruji, tetap konsisten dalam bingkai NKRI.

    Organisasi yang didirikan sejak 1916 ini, komitmen pada sikap kenegaraan dengan Pancasila dan religiusitas Ahlussannah Wal Jamaah yang dinyatakan secara tegas dalam anggaran dasar organisasi.

    Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah milik bangsa Indonesia. Negara ini diperjuangkan, dipertahankan dan dibesarkan oleh bangsa Indonesia sendiri. Adalah perbuatan yang melanggar argumen apapun bila kita sebagai bangsa Indonesia merusak negara kita sendiri. Menjunjung tinggi tanggung jawab bersama dalam hukum dan kepemimpinan negara adalah tanggung jawab yang wajib dipelihara.

    Seperti yang disampaikan oleh Ketua Majlis Amanah Pengurus Besar Mathlaul Anwar Dr.KH Irsjad Djuwaeli, bahwa sikap kebangsaan dalam organisasi ini jelas dan tegas. “Mathlaul Anwar adalah bagian dari organisasi yang sejak lama bersama pemerintah untuk membangun negara ini,” Demikian Kyai Irsjad yang juga diberi amanah menjadi penasehat presiden yang berkenan untuk berperan ini pada semua kader MA.

    Pembangunan bangsa yang kita rasakan sekarang terus lebih baik. Sarana transportasi dan media komunikasi yang tersambung sampai ke pelosok desa merupakan bukti nyata dari prestasi pembangunan yang sangat dirasakan semua orang.

    Khitah Mathlaul Anwar, yang sudah ditegaskan sejak permulaan reformasi, memberi informasi kepada generasi kini. Ada sembilan prinsip-prinsip dalam khitah ini, yakni (1) Berpegang teguh pada Alquran dan sunnah, (2) Aqidah sebagai pemersatu umat, (3) Ibadah secara berjamaah, (4) Toleran dalam perbedaan khilafiyah, (5) Tegas terhadap bid ‘ ah, (6) Mengarah kepada kemaslahatan umat, (7) Bersiyasah secara manajemen, (8) Selalu bersama pemerintah dalam membangun masyarakat, (9) Berjuang secara ikhlas di jalan Allah SWT. Prinsif aqidah, ibadah, dan bela pemerintah yang syah adalah garis dari perjuangan Mathlaul Anwar.

    Selain itu, Drs. KH Yayan Hasuna Hudaya, M.MPd sebagai ketua PWMA Jawa Barat terpilih sebagai arah organisasi. Menurutnya para kader di semua level yang harus berusaha sebaik-baiknya menjadi mitra pemerintah dalam membangun negara. Hal ini menjadi sumber daya Pengurus Besar telah menjadi sumber daya pemerintah pusat. Demikian pun pengurus wilayah berusaha untuk bersama pemerintah provinsi, kabupaten kota bersama bupati / walikota, kecamatan bersama camat, desa bersama pemerintah desa, “Ini pelayanan Mathalaul Anwar kepada pemerintah dan masyarakat untuk capai cita-cita pembangunan bangsa,”

    Adapun diantara rekomendasi Muswil agar tetap pada penguatan ranah dakwah, pendidikan dan sosial. Dari aspek SDM perlu digunakan kajian virtual gerakan keorganisasian, merekrut dan menghidupkan kaum milenia, serta kaderisasi kaum milenial dalam wadah badan otonom. Dari aspek lembaga pendidikan kader daerah-nasional, perlu mendorong adanya fasilitas konsep, SDM, media, dan sinergitas dengan lembaga provinsi, nasional dan internasional, dan juga memperbanyak model pendidikan alternatif yang dapat dilaksanakan sampai pelosok desayang terpadu dg pesantren unggulan.

    “Dari aspek layanan nyata secara sosial perlu bentuk komunitas pengusaha milenial, dan klinik alternatif yang lebih melayani semua kalangan. Dari aspek lembaga dakwah perlu terus giatkan media internet, aplikasi dakwah digital, serta dstribusi da’i pada tiap masjid.” Jabarnya.

    Agenda Musyawarah Wilayah (Muswil) diselenggarakan di Bandung, pada Rabu (30/12/2020).

     

    Baca juga :  40 Ribu Liter Air Bersih Redam Kekeringan di Pandeglang

    Editor Tim media Mathlaulanwar.or.id : Roby Ghobriz

     

     130 total views,  5 views today

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial