Monday , 17 May 2021

Suksesnya Muktamar Hibrid dan Cerita dari Tim IT dan Kreatif Muktamar

  • 08 April, 2021  20:44:04 

  • MATHLAULANWAR.OR.ID, Pandeglang -Di setiap event – event besar Mathla’ul Anwar selalu dibanjiri oleh warga Mathla’ul Anwar yang ingin menyaksikan secara langsung.

    Tapi, disaat pandemi covid – 19 seperti saat ini, dimana mobilitas dibatasi dan dilarang untuk berkerumun. Dan warga MA dibatasi untuk hadir di arena Muktamar.

    Ada yang berbeda pada Muktamar XX Mathla’ul Anwar kali ini. Digelar di tengah bencana non alam global Covid – 19 menjadi tantangan tersendiri bagi Panitia Muktamar.

    Muktamar pun digelar secara hibrid, dalam jaringan (daring) dan luar jaringan (luring). Panitia yang menggawangi ini adalah bagian Tim IT dan Kreatif.

    Redaksi berhasil mewawancarai via telepon selular koordinator Tim IT dan Kreatif Muktamar XX Mathla’ul Anwar, Nur Mutakin. Berikut petikan wawancaranya:

    Sejauh mana persiapan yang dilakukan Tim IT dan Kreatif jelang Muktamar?

    Baca juga :  Pemerintah Tetapkan 1 Syawal 1440 H Jatuh pada Rabu, 5 Juni 2019

    Sejak pembentukan panitia dan rapat perdana di UNMA Serang, Tim IT dan Kreatif langsung action. Kita mengadakan rapat intern tim via zoom cloud meeting dan pembagian tugas, dari mulai pembuatan akun khusus muktamar, web khusus muktamar, twibon, polling, e-flyer, medsos/tagar, desain grafis, proposal, pembuatan video teaser, video documenter, shooting paduan suara, dll.

    Saya sebagai koordinator Tim IT dan Kreatif beberapa kali mengadakan pertemuan dengan pihak hotel berkaitan dengan setting lokasi dan sound system, koordinasi dengan Telkom Jakarta sebagai partner pengadaan infrastruktur dan pihak Telkom Bogor sebagai pihak yang upgrade bandwith jaringan internet.

    Lalu, kendala apa yang dihadapi Tim IT dan Kreatif?

    Sejauh ini tidak ada kendala yang signifikan. Kalaupun ada hanya kendala kecil, seperti jarak tempat tinggal crew Tim IT dan Kreatif yang saling berjauhan, beberapa di Menes, Tangerang dan Bekasi. Sehingga belum pernah mengadakan pertemuan/diskusi langsung. Kita hanya melakukan diskusi via online yang tentunya ada keterbatasan.

    Baca juga :  Ribuan Warga akan hadiri Peringatan 101 Mathla'ul Anwar

    Apa kunci kesuksesan dari Tim IT dan Kreatif sehingga Muktamar sukses dan lancar digelar secara hibrid?

    Koordinasi dengan berbagai pihak jauh-jauh hari. Memastikan semua yang berhubungan dengan kegiatan streaming/webinar sudah ready satu minggu sebelum hari H, baik itu sound system, infrastruktur IT dan jaringan internet.

    Dan yang paling penting adalah kerjasama tim.

    Bagaimana komentarnya terkait wacana digitalisasi Mathla’ul Anwar?

    Sudah saatnya organisasi Mathla’ul Anwar, perguruan Mathla’ul Anwar, warga Mathla’ul Anwar, di segala jenjang dan dimanapun berada, harus memasuki era digital.

    Di PBMA harus dibentuk bidang khusus IT, yang tugasnya mengkaji, membuat aplikasi-aplikasi digital dan menvisualkan wacana digitalisasi Mathla’ul Anwar.

    Bidang IT ini juga membuat aplikasi berbasis android, berisi konten untuk pelajar, mahasiswa, guru, dan warga Mathla’ul Anwar pada umumnya.

    Baca juga :  Majelis Umum PBB Adopsi Deklarasi Hak Asasi Petani

    Dengan digitalisasi Mathla’ul Anwar, semua warga Mathla’ul Anwar akan mudah mengakses apapun melalui database Mathla’ul Anwar.

    Tim IT dan Kreatif dalam rangka menyambut Muktamar XX sudah membuat aplikasi KTA secara online. Tinggal kita sempurnakan dan sosialisasikan.

    Untuk diketahui bahwa pasca penyelengaraan Muktamar XX ini tim it dan kreatif sedang mengambil video testimoni dari para kasepuhan Mathla’ul Anwar terkait harapan pada kepengurusan yang baru.

    Pada redaksi juga Tim IT dan Kreatif menyampaikan kesiapan untuk menggarap film yang berkaitan dengan tokoh sentral Mathla’ul Anwar, KH Mas Abdurrahman.

    Nama – nama tim It dan Kreatif:

    Koordinator/Ketua Tim: Nur Mutakin, Crew: Aang, Wawan, Nanda, Alpian, Yasser, Erik dan Lukman.

     289 total views,  3 views today

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial