Monday , 26 July 2021

Cara Khatam Al – Quran di Bulan Ramadan

  • 17 April, 2021  05:18:35 

  • Salah satu amalan yang dianjurkan di bulan suci Ramadhan adalah memperbanyak membaca Alquran. Selain karena pahala ibadah akan berlipatganda, Alquran pertama kali diturunkan kepada Nabi Muhammad di bulan yang penuh berkah tersebut.

    Mengutip buku Tuntunan Ibadah di Bulan Ramadhan karya Toni Yunanto (2019), dalam hadits shahih dari Ibnu Abbas, Rasulullah SAW bertemu dengan Malaikat Jibril setiap malam pada bulan Ramadhan untuk membacakan kepadanya Al-Qur’anul Karim.

    Maka tidak heran apabila banyak umat Islam yang ingin mengikuti jejak Rasulullah dan memasang target untuk mengkhatamkan Alquran di bulan suci Ramadhan.

    Namun, bagaimana caranya? Berikut ini adalah tips khatam Alquran di bulan Ramadhan yang dihimpun dari berbagai sumber:

    Baca juga :  Profil KH.Oke Setiadi Anggota Amirul Hajj dari Mathla'ul Anwar

    Membangun Niat

    Niat dibutuhkan untuk membangun tekad kuat agar seseorang dapat mengerjakan suatu ibadah dengan istiqamah. Tentu saja mengkhatamkan Alquran harus diniati untuk mengharap ridha Allah SWT.

    Rasulullah bersabda,“Sesungguhnya setiap amalan tergantung pada niatnya. Setiap orang akan mendapatkan apa yang ia niatkan. Siapa yang hijrahnya karena Allah dan Rasul-Nya, maka hijrahnya untuk Allah dan Rasul-Nya. Siapa yang hijrahnya karena mencari dunia atau karena wanita yang dinikahinya, maka hijrahnya kepada yang ia tuju.” (HR. Bukhari, no.1 dan Muslim, no.1907).

    Buatlah komitmen dan yakinkan diri sendiri bahwa Anda dapat khatam Alquran selama Ramadhan. Misalnya dengan mengingat atau menulis kalimat motivasi seperti “Mulai hari ini saya senantiasa tadarus Alquran setiap hari dan khatam setiap bulan”.

    Baca juga :  ES BUAH TERNIKMAT , PERJUANGAN SEORANG GURU UNTUK KELUARGANYA

    Menetapkan Waktu untuk Fokus Membaca Alquran

    Mengutip buku The 9 Golden Habits for Brighter Muslim tulisan Agus Sukaca (2014), akan lebih mudah apabila Anda bertadarus di waktu-waktu tertentu dengan menetapkan target. Misalnya setelah selesai shalat Tahajud membaca sepertiga juz, setelah shalat Subuh sepertiga juz, dan setelah shalat Magrib membaca sepertiga juz.

    Menurut Toni Yunanto (2019), waktu terbaik untuk memperbanyak bacaan Alquran adalah di malam hari karena seseorang dapat terbebas dari segala kesibukan. Dengan demikian hati dan pikiran hanya berfokus pada ayat-ayat suci yang ada di hadapannya.

    Membaca 1 Juz Setiap Harinya

    Mengutip Ihya Ulumiddin karya Imam Al Ghazali, para sahabat Nabi dari generasi awal Islam bisa mengkhatamkan Alquran dalam waktu satu minggu. Caranya mereka mengumpulkan surah-surah Alquran menjadi tujuh bagian.

    Baca juga :  Puisi : Santri Membangun Indonesia

    Saat ini karena telah jelas pembagian atas Alquran dalam bentuk kitab, maka umat Muslim dapat membaca Alquran satu juz setiap hari. Artinya selama tiga puluh hari atau satu bulan, kita bisa mengkhatamkan tiga puluh juz Alquran.

    Sumber: Kumparan.com

     241 total views,  3 views today

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial