Monday , 17 May 2021

PWMA Jateng Tetap Eksis Di Saat Pandemi

  • 01 May, 2021  09:49:41 

  • Semarang, MATHLAULANWAR.OR.ID — Alhamdulillah bulan Ramadhan 1442 telah berjalan 16 hari. PW Mathla’ul Anwar Jawa Tengah, tetap eksis walau di saat pandemi.

    PW Mathla’ul Anwar Jawa Tengah, tetap berusaha mengejewantahkan beberapa program kegiatannya, dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

    Sejak selesai ikut pelaksanaan Muktamar di Bogor pada tanggal 1-3 April kemarin, dengan mendelegasikan Sekretaris Umum PW MA Jateng H.Agus Haryadi,SAg.S.Pd., dan satu perwakilan dari PW Musma Ibu Nurul Hidayah,S,Kom,S.Pd. Bendahara Umum PW Muslimat MA.

    PW MA Jawa Tengah berusaha untuk senantiasa berkoordinasi antar pengurus harian, Majlis Amanah dan pengurus PDMA Kota dan Kabupaten se Jawa Tengah.

    Pada redaksi mathlaonline, Agus Haryadi menuturkan bahwa salah satu forum silaturrahmi dan diskusi, yang tetap terjaga eksistensinya walupun pandemi mewabah, adalah program pembinaan dan nasehat organisasi.

    “Program ini disampaikan Ketua Majlis Amanah PW MA Jateng KH. DR. Abdul Fikri Faqih,MA. yang dikemas dengan istilah Sapa Pagi,” katanya.

    Agus menyampaikan acara Sapa Pagi yang digelar secara virtual ini berjalan efektif dan jadi wasilah silaturahim sesama pengurus.

    Baca juga :  Apa Akar Penjajahan israel di Palestina?

    “Alhamdulillah, walaupun tidak seluruh pengurus ikut, namun acara Sapa Pagi yang dilaksanakan secara virtual ini dapat menjadi wasilah tetap terjalinnya komunikasi antar pengurus di tingkat wilayah maupun daerah, PWMA, PW Musma , PW Gema, PD MA dan PD Musma,” jelas Agus Haryadi.

    Setelah mendapatkan pembinaan dan motivasi dari Ketua Majlis Amanah, biasanya dilanjut dengan menyapa daerah dan progress kegiatan masing-masing.

    Serta menjadi ajang curhat untuk pengembangan dakwah, pendidikan, ekonomi yang akan diterapkan Mathla’ul Anwar di lingkungan dan daerah masing-masing, dibumbuhi dengan suka duka, dukungan dan kendala yang sangat menginspirasi antara satu dengan yang lain.

    “Sebagai salah satu contoh PDMA dan PD Musma Kabupaten Brebes. Alhamdulillah berkat intensnya pengurus daerah di masyarakat dan selalu berkoordinasi dengan wilayah, saat ini telah mampu mendirikan Lembaga Pendidikan Al Qur’an, dengan jumlah santri lebih dari 60 santri TPQ, 8 santri TQA dan 12 santri TKQ,” terang Agus.

    Ustadzah Herni,S.Pd.I. sebagai pengelola sekaligus ketua PD Musma Brebes, menyampaikan antusiasme masyarakat sangat tinggi dengan keberadaan LPQ.

    Baca juga :  Delegasi Indonesia Bertolak ke Irak Ikuti Konferensi Islam Moderat

    “Bahkan saat ini sudah banyak orang tua yang indent untuk mendaftar di TK yang dinaungi Mathlaul Anwar,” kara Herni.

    Agus Haryadi yang juga Sekretaris PWMA Jateng berharap berdasarkan SK dirjen Pendis No.91 tahun 2020, ada program baru yaitu PAUD Al Qur’an yang usianya sama dengan TKQ dan ini merupakan lembaga formal sama kesetaraannya dengan RA/TK.

    “Semoga program ini dapat terwujud di Kabupaten Brebes,” tegas H Agus Haryadi yang juga Pembina Lembaga Pendidikan Al Qur’an Mathla’ul Anwar Brebes.

    Tidak kalah eksisnya adalah PDMA Kabupaten Tegal, setelah di lantik tahun 2020 saat pandemi juga, pengurus PDMA Kabupaten Tegal langsung merapat ke kesbangpol, walaupun pada awalnya ada beberapa sedikit kendala, namun dengan semangat yang kompak dan tanpa menyerah akahirnya dapat mendaftarkan eksistensi PDMA Kabupaten Tegal pada Kantor Kesbangpol dan telah turun surat terdaftarnya.

    “Dan ini luar biasa, di saat Kota dan Kabupaten lain lebih awal terlantik dan sampai saat ini belum terdaftar di kantor Kesbangpol, Alhamdulillah PDMA Kabupaten Tegal yang ingin fokus pada pengembangan bidang ekonomi, yang notabene di lantik paling akhir namun dengan hitungan minggu dapat terdaftar di Kantor Kesbangpol, semoga di susul olek Kota dan Kabupaten yang lain,” ujar Agus.

    Baca juga :  Pemeriksaan Calhaj diperketat Lantaran Cuaca di Mekkah Ekstrem

    Catatan Rakor dan Buka Bersama PWMA Jateng

    Ini adalah beberapa catatan yang saat kemarin hari Rabu 28 April 2021, di bahas dalam Rakor & Buka Bersama Ketua Majlis Amanah KH. DR Abdul Fikri Fakih,MA, Ketua PW MA HM. Sumanto,SH.M, Ketua PW Muslimat MA Dra. Arini Baroro,MPd bersama jajarannya di Rumah Makan Raos Eco Semarang. Yang dihadiri pula secara virtual Ketum PBMA Kyai Embay Mulya Syarif, yang sangat merespons positif semua program PWMA Jawa Tengah.

    Insya Allah beliau juga berkenan akan hadir pada acara Silaturrahmi dan Halal bi Halal PW MA Jawa Tengah, yang rencananya di laksanakan di kabupaten Banjarnegara sebagai pusat Perguruan MA di Jawa Tengah saat ini. (AH/Fr)

     

     

     

     

     75 total views,  3 views today

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial