Wednesday , 27 October 2021

MAS MA Pusat Menes Gelar Seminar Pendidikan

  • 01 October, 2021  16:00:47 

  • Menes, Mathlaonline

    Madrasah Aliyah Mathla’ul Anwar (MA) Pusat Menes menyelenggarakan kegiatan seminar pendidikan dengan tema “21 Century Skill of Successful Student”
    bertempat di Aula Perguruan Mathla’ul Anwar Pusat Menes, Jumat (1/10/21).

    Siswa kelas XII (duabelas) MAS MA Pusat mendapatkan motivasi tentang skill (keterampilan) yang harus dimiliki oleh siswa di abad 21 ini. Skill tersebut diantaranya adalah Learning Skill, Literacy Skill, dan Social Skill.

    Hal itu disampaikan oleh pembicara tunggal Andi Gunawan, M.LIS yang juga alumni Madrasah Aliyah Mathla’ul Anwar Pusat Menes tahun 1996.

    Seminar yang diselenggarakan pada hari jum’at 1 Oktober 2021, berlangsung sangat menarik dan dihadiri oleh sekitar 132 siswa kelas XII yang sebentar lagi akan melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi.

    Andi menuturkan bahwasanya, kebutuhan pribadi seseorang saat ini harus memiliki skill yang mumpuni agar bisa bersaing dalam dunia yang kompetitif.

    Baca juga :  Pengurus Majelis Amanah Mathla'ul Anwar Jadi Menteri Agama

    Menurutnya, kemampuan berpikir saat ini harus memenuhi unsur kreatif, kritis, komunikatif dan kolaboratif.

    “Sekecil apapun kemampuan kita harus memberikan kontribusi kepada orang lain,” ungkapnya.

    Lebih lanjut Andi memberikan motivasi tentang pentingnya literacy dan life skill. Literasi adalah bagaimana kita memahami, menganalisa, mengevaluasi suatu konten yang pada akhirnya mampu mencipta. Saat ini kita dihadapkan dengan pesatnya komunikasi teknologi.

    Segala sesuatu yang hadir di sekitar kita semuanya berbasis teknologi. Oleh karena itu literasi teknologi , literasi informasi dan literasi media harus kita kuasai pada saat ini.

    “Siapa di sini yang belum punya email? Siapa yang belum bisa komputer? Jangan sampai kita gagap teknologi” tegas Andi kepada para siswa.

    Baca juga :  Keutamaan Tadarus Al Quran di Bulan Ramadan

    Keterampilan terakhir yang disampaikan Andi yang tidak kalah pentingnya adalah life skill. Komponen ini memuat tentang pribadi yang memiliki nilai kepemimpinan yang baik, memiliki inisiatif yang tinggi tanpa menunggu perintah, mampu beradaptasi di manapun berada, selalu memiliki second opinion yang baik atau fleksibel dengan aturan, adaptif dengan keadaan, produktif dengan memanfaatkan waktu dan menetapkan prioritas yang harus dicapai, serta memiliki social skill yang mumpuni.

    Selain memberikan kiat sukses untuk pelajar, Master Trainer ILLC ini juga meceritakan perjalanan pendidikannya ketika kuliah di luar negeri. Pasalnya, selama kuliah, beliau banyak megembangkan kepribadiannya dengan mengikuti organisasi.

    Organisasi juga mengasah dan membagun networking yang kuat.
    Menuruutnya, pengalaman organisasi yang diikutinya adalah organisasi mahasiswa internasional, dimana ada 90 negara atau mahasiswa asing yang tergabung dalam organisasi internasional.

    Baca juga :  Pemerintah Akan Angkat Ribuan Guru PNS, termasuk Guru Madrasah dan PAI

    “Pengalaman saya sebagai sekretaris, memberikan banyak kemudahan ketika kita berkunjung ke Negara-negara tersebuh, bahkan saya berasa menjadi raja sesaat karena social skill kita yang baik”. Ungkapnya dengan tegas.

    Ungkapan itu disambut haru oleh paserta seminar. Eka Sakti Alsiraji, Ghefira Nur Awalia, Siti Aida Rahma, Melly Juwita, Srikandi Puspa Nusantara, Rafli Lesmana, Feni Julianti memberikan tanggapan dan pendapat yang memukau.

    Pelajar kelas XII tersebut sudah berhasil mengungkapkan pendapat, pertanyaan kepada narasumber.

    Sebagai closing statement diakhir acara, Andi memberikan saran kepada peserta untuk membiasakan membaca.

    “Kalau kita sedikit belajar (membaca), maka kita akan merasa besar, tapi kalau kita banyak membaca makan kita akan merasa kecil,” tegas Andi mengakhiri.

    Pewarta: Neneng Elyati, M.Pd

     54 total views,  3 views today

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial