Thursday , 2 December 2021

US Embassy Jakarta Kunjungi UNMA Banten, Ajak Mahasiswa Studi ke Amerika

  • 23 November, 2021  20:37:17 


  • Pandeglang, mathlaulanwar.or.id – Kedutaan Besar (Kedubes) Amerika Serikat (AS) untuk Indonesia yang diwakili oleh Mary K. Trechock Assitant Cultural Attache dan Mahasiswa Young Southeast Asian Leaders Intiative (YSEALI) Academic Fellow 2015 Panji Aziz mengunjungi Universitas Mathla’ul Anwar Banten, Senin 20/11/2021.

    Kunjungan ini dalam rangka kerjasama pendidikan dan kebudayaan yang sudah terjalin kuat antara Amerika Serikat dengan Indonesia.

    Warek I UNMA Banten, Dr. H. Jihaduddin, M.Pd menyambut baik kedatangan Mary K. Trechock. Ia mengatakan ada beberapa hal yang bisa dikerjasamakan antara UNMA Banten dengan US Embassy di Jakarta.

    “Ini kunjungan US Embassy ke 3 kalinya ke Mathla’ul Anwar. Dulu kita pernah kerjasama dengan US Embassy dan mengirimkan pendidik kami untuk studi ke AS,” katanya.

    Baca juga :  MTs MA Jatiuwung Pertahankan Gelar Juara Umum di Ajang Jatiuwung Scout Competition

    Jihaduddin berharap kedatangan Marry bisa membawa kerjasama riset dengan para akademisi UNMA Banten. Jihaduddin memandang pentingnya para akademisi untuk menulis di jurnal – jurnal bereputasi.

    “Saya harap ada kerjasama riset dengan US Embassy. Ada MoU antara US Embassy dengan UNMA Banten,” harapnya.

    Mary mengungkapkan rasa senangnya bisa diterima dengan baik di Universitas Mathla’ul Anwar Banten. Ini merupakan kunjungan pertamanya sebagai Asisten Atase Kebudayaan Kedubes AS ke Kabupaten Pandeglang.

    Di hadapan para dosen dan mahasiswa UNMA Banten, ia mengatakan bahwa Kedubes AS terus berkomitmen menjaga kerjasama dengan Indonesia, khusunya pendidikan dan kebudayaan.

    “Hubungan ini strategis dan memiliki masa depan yang cerah. Sebagai Negara demokrasi terbesar, AS memiliki kesamaan dengan Indonesia dan kita dapat belajar satu sama lain di berbagai bidang, covid, disinformasi,” katanya.

    Baca juga :  Dosen FKIP UNMA Banten Raih Doktor Matematika

    Mary memperkenalkan program – program US Embassy di Indonesia yang sangat bisa diikuti oleh mahasiswa – mahasiswa UNMA Banten.

    Panji Aziz sebagai alumni YSEALI (Young Southeast Asian Leaders Intiative) tahun 2015 membagikan pengalamannya menjadi penerima beasiswa dari salah satu program US Embassy di Indonesia itu.

    “Teman – teman punya kesempatan yang sama. Ada banyak program US Embassy yang bisa dimanfaatkan oleh mahasiswa UNMA Banten untuk bisa studi ke Amerika Serikat,” katanya.

    YSEALI ini fokus terhadap beberapa isu, lingkungan, pendidikan, keterlibatan sosial, permbangunan ekonomi. Program ini mencari anak muda di kawasan ASEAN yang mampu memberikan kontribusinya pada masyarakat.

    “Ada dua kategori, Academic Fellows untuk rentang usia 18 – 25 tahun dan Profesional Fellow 25 – 35 tahun. Kalau yang academic itu seperti kelas kuliah pada umumnya dan yang professional seperti magang di Universitas – universitas Amerika,” sambung Panji.

    Baca juga :  Bentuk Karakter Siswa Madrasah, Ambalan MAS MA Baros Lantik 21 Anggota Pramuka Penegak Bantara

    Ia mengajak mahasiswa UNMA Banten yang memiliki project sosial untuk ikut dalam YSEALI Academic Fellowship.

    Pewarta: Faiz Romzi Ahmad

     30 total views,  3 views today

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial