Friday , 3 February 2023

Wakil Ketua MPR RI Dorong KH Mas Abdurrahman Jadi Pahlawan Nasional

  • 12 December, 2022  09:15:52 

  • Pandeglang

    Selepas Sholat Jumat, ratusan anggota Mathla’ul Anwar (MA) pada 9 Desember 2022, berkumpul di Gedung Mathla’ul Anwar Care, Cipeucang, Kabupaten Pandeglang, Banten. Mereka berkumpul di sana untuk mengikuti Silaturahmi Kebangsaan MPR -MA.

    Hadir dalam silaturahmi itu Wakil Ketua MPR H. Yandri Susanto SPt, Ketua Umum Pengurus Besar MA KH. Embay Mulya Syarief, Wakil Ketua Umum PB MA Drs. H. M. Babay Sujawandi, serta pengurus organisasi otonom MA seperti Muslimat MA dan Himpunan Mahasiswa MA.

    Dalam sambutan Yandri Susanto mengatakan dirinya kerap melakukan kunjungan kerja di Pandeglang. “Meski dapil saya bukan di sini namun itu bukan sesuatu yang membatasi saya untuk beraktivitas,” ujar politisi Partai Amanat Nasional (PAN) itu. “Kalau bicara tentang keummatan dan kebangsaan tidak mengenal dapil,” tambahnya.


    Sebagai wakil rakyat dari Dapil II Banten yang meliputi Kabupaten dan Kota Serang serta Kota Cilegon, Yandri Susanto mengungkapkan dirinya melakukan kerja-kerja sebagai politisi dari Sabang sampai Merauke.

    Baca juga :  Kabag Kemahasiswaan LLDIKTI IV: Saya Apresiasi MA Konsisten Terhadap Mutu Pendidikan

    Dirinya senang bisa berada di tengah keluarga MA. Pandeglang dengan Menes-nya merupakan pusat dari organisasi yang berdiri pada 1916 itu. Sebagai organisasi yang bergerak di bidang dakwah dan pendidikan, MA mempunyai kontribusi yang besar kepada bangsa dan negara. Seperti NU, Muhammadiyah, Persis, dan organisasi Islam laiannya, MA memiliki lembaga pendidikan mulai dari tingkat madrasah hingga perguruan tinggi yang tersebar di berbagai wilayah.

    Meski kontribusi besar telah disumbangkan MA kepada ummat, bangsa, dan negara, Yandri Susanto menyayangkan belum ada tokoh dari MA yang dianugrahi gelar pahlawan nasional.

    “Dari NU, Muhammadiyah hingga Al Khairiyah yang di Cilegon sudah  ada tokoh yang diberi anugrah gelar pahlawan nasional,” tuturnya. “Tinggal MA yang belum,” tambahnya.

    Baca juga :  Siswi SMP MAGS Jawara Story Telling

    Dirinya bersama dengan pengurus MA mengusulkan KH Mas Abdurrahman menjadi pahlawan nasional. KH Mas Abdurrahman merupakan salah satu pendiri MA. “Beliau layak mendapat gelar phlawan nasional,” tegasnya.

    Seperti KH Ahmad Dahlan pendiri Muhammadiyah dan KH Hasyim Asyari pendiri NU, KH. Mas Abdurrahman pernah belajar di Makkah. “Beliau sejaman dengan KH Ahmad Dahlan dan KH Hasyim Asyari,” tuturnya. Bagi MA, KH. Mas Abdurrahman merupakan ruh organisasi.

    Yandri Susanto menyebut sudah selayaknya negara memberi penghargaan kepada Beliau. “MA sudah meneteskan darah, nyawa, dan harta benda untuk  memerdekakan bangsa Indonesia,” ujarnrya. “MA juga ikut mencerdaskan kehidupan bangsa,” tambahnya.

    Lebih lanjut dikatakan salah satu bentuk nyata negara menghargai keberadaan MA ya memberikan gelar pahlawan kepada KH. Mas Abdurrahman. Dirinya mengakui untuk mendapat gelar pahlawan nasional banyak persyaratan yang harus dipenuhi namun Yandri Susanto yakin tidak ada keraguan sedikitpun atau tidak ada hambatan untuk menetapkan KH. Mas Abdurrahman menjadi pahlawaan nasional. “Tinggal administrasinya saja,” paparnya.

    Baca juga :  MU'JIZAT AL-QUR'AN (Tulisan ke-4)

    Yandri Susanto dan pengurus MA akan berdiskusi dengan Menteri Sosial Tri Rismaharini dan dirjen terkait di kementerian itu untuk memastikan langkah-langkah menetapkan KH. Mas Abdurrahman sebagai pahlawan nasional.

    Dalam menyongsong langkah tersebut serta menunjukan organisasi ini besar dan memiliki kontribusi yang nyata pada bangsa dan negara, MA akan menggelar Silaturahmi Akbar di Gedung MPR/DPR. Senayan, Jakarta. “Silaturahmi Akbar bagian dari cara keluarga besar MA untuk menunjukan diri kepada publik dan bangsa bahwa organisasi ini besar yang punya sumbangsih yang tak terhitung kepada bangsa dan negara,” paparnya.***

     

     

     72 total views,  2 views today

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.

    Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial