Friday , 3 February 2023

Jalin Sinergi, PWMA Sulawesi Selatan Audiensi ke MUI

  • 12 January, 2023  11:39:53 

  • Makassar – Ketua Pengurus Wilayah Sulsel Mathla’ul Anwar Dr H Hasanna Lawang, Lc MA bersama jajarannya melakukan audiensi ke Majelis Ulama Indonesia Sulawesi Selatan di Sekretariat MUI Sulawesi Selatan.

    Kedatangan Rombongan Mathla’ul Anwar diterima langsung oleh Ketua Umum MUI AG. Prof. Najmuddin bersama wakil Ketua Prof. KH. Mustari usai shalat Ashar.

    Saat mengawali mukadimahnya Wakil Ketua Umum MUI Sulsel Prof Dr KH Mustari, MA mengucapkan selamat datang dan terima kasih atas kunjungan para pengurus Mathla’ul Anwar ke Kantor Sekretariat MUI sembari memperkenalkan diri bersama pengurus lainnya.

    Gurutta Prof Dr KH Najmuddin, Lc MA selaku Ketua Umum MUI Sulsel mengatakan saat menyambut kedatangan para Pengurus Wilayah Mathla’ul Anwar Sulsel bahwa kantor sekretariat ini memang kurang besar, namun kami kami membangun media untuk memperluas jangkauannya.

    “Kantor sekretariat kami ini memang sangat sederhana namun kami membuat media untuk memperluas jangkauannya. MUI Sulsel ini dapat dikenal oleh masyarakat luas bahkan hingga ke mancanegara seperti Belanda dan Perancis serta negara lainnya yang telah menjalin kerjasama dengan MUI Sulsel. Selain itu kita juga menjalin kerjasama dengan Bank BSI dalam hal pengkaderan dai,” tutur Gurutta Najmuddin.

    Baca juga :  Peringatan Maulid di Perguruan MA Pusat, Ustad Dedi Ajak Warga MA Teladani Rasulullah

    Gurutta Ketum pun melanjutkan perkataannya bahwa di MUI itu kita mengenal 3 tugas pokok. Yang pertama adalah MUI itu bertugas sebagai khadimul Ummah yang berarti pelayan umat, yang kedua adalah Shadiqul Hukumah yang artinya Mitra pemerintah dan seluruh unsur forkopimda.

    Dan yang terakhir atau yang ketiga adalah Inayatul Ummah yang berarti penjaga umat, pungkasnya dihadapan para tamu.

    MUI juga sangat peduli dengan persoalan-persoalan umat, sehingga MUI pun menerima pertanyaan-pertanyaan dari masyarakat maupun dari para wartawan.

    Waketum pun memberikan sedikit penjelasan mengenai komisi yang ada di MUI, di mana membawahi 13 komisi ditambah beberapa lembaga otonom diantaranya seperti LPPOM MUI, Ganas Annar MUI, Pinbas MUI, dan KDK.

    Baca juga :  PCI-MA Pusat Kukuhkan Gerakan Pramuka PCI-MA Karawang

    Sekretaris Wilayah Mathla’ul Anwar Ahmad Shihabi saat mengawali pembicaraannya mengatakan bahwa tujuan kedatangannya ke MUI adalah di samping memperkenalkan organisasinya dan beberapa pengurus wilayah yang hadir, juga ingin mengundang para pengurus MUI untuk menghadiri Pelantikan dan Rakerwil Mathla’ul Anwar Sulsel ini.

    Sekjen PB Mathla’ul Anwar Jihaduddin saat memberikan sambutannya menceritakan sekilas tentang sejarah lahirnya organisasi ini di mana organisasi ini pun telah lahir sejak tahun 1916 silam yang didirikan oleh KH Mas Abdurrahman yang sangat bersahabat dengan pendiri Nahdlatul Ulama KH Hasyim Asy’ari.

    Saat memberikan sambutannya Ketua Pengurus Wilayah Mathla’ul Anwar Sulawesi Selatan H Hasanna Lawang mengatakan bahwa visi misi dari organisasi ini hadir untuk mencerdaskan kehidupan bangsa yang berlandaskan Ahlussunnah Wal Jamaah dan berfalsafahkan Pancasila.

    Baca juga :  Atasi Karhutla dan Kemarau Panjang, Warga MA di Pontianak Gelar Salat Istisqa

    “Salah satu visi misi dari Mathlaul Anwar ini adalah hadir untuk mencerdaskan kehidupan bangsa yang berlandaskan Ahlussunnah Wal Jamaah yang berfalsafahkan Pancasila yang diwujudkan dalam tiga Kerangka kerja yakni Pendidikan, Dakwah dan Sosial” ungkap Hasanna.

    Ia pun melanjutkan bahwa Mathla’ul Anwar ini bisa bersinergi, berkolaborasi dan saling menguatkan terutama pada tiga ormas besar yang ada di Indonesia ini. Sehingga di dalam moderasi beragama, organisasi ini sangatlah bisa berjalan bersama.

    Turut hadir dalam audiensi ini selain Ketua dan Wakil Ketua Umum MUI Sulsel, hadir pula anggota penelitian dan pengembangan MUI dan juga Sekretaris Komisi Hubungan Luar Negeri dan Kerjasama Internasional MUI, serta kegiatan ini dipusatkan di Kantor Sekretariat MUI Sulsel Jl. Masjid Raya Makassar pada hari Sabtu 07/01/2023 sore dan ditutup dengan foto bersama.***

    Dokumentasi

     40 total views,  2 views today

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.

    Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial