Thursday , 23 March 2023

Mathla’ul Anwar Global School Lakukan Edu Trip ke Luar Negeri

  • 18 February, 2023  20:32:41 

  • Mathla’ul Anwar Global School (MAGS) menyelenggarakan international tour/edu trip ke luar negeri, dengan destinasi Singapura dan Malaysia. Edu trip ini digelar dari 14 sampai 17 Februari 2023. Diikuti oleh 37 siswa Primary dan Secondary MAGS.

    Edu trip ini dalam upaya mengenalkan para siswa MAGS tentang sistem pendidikan di luar negeri. Di samping itu, juga untuk lebih menyiapkan siswa MAGS menghadapi era global khususnya di bidang pendidikan.

    Mathla’ul Anwar Global School merupakan hasil kerjasama Pengurus Besar Mathla’ul Anwar (PBMA) dengan Madrasah Al-Irsyad Al-Islamiyah Singapura, dan diresmikan pada 2012 oleh Menteri Informasi Singapura Dr Yakoob Ibrahim.

    Tindak Lanjut dari MoA dengan KGI Malaysia

    “Edutrip ini adalah tindak lanjut dari Momerandum of Agreement (MoA) antara Perguruan Mathla’ul Anwar Pusat Menes dengan Kolej Genius Insan (KGI) Malaysia, pada Agustus 2022,” Kata Mr. Chusnul Mubarok Principal Secondary MAGS.

    Baca juga :  Begini Pesan Ketua Umum PBMA Di Hari Kemerdekaan

    Kolej GENIUS Insan Malaysia merupakan Sekolah Unggulan yg dibina oleh USIM (Universiti Sains Islam Malaysia), yang juga sudah bekerja sama dengan Universitas Mathla’ul Anwar Banten.

    “Perguruan MA Pusat berkomitmen menjadikan MAGS sebagai etalase dan pilot priject dalam hal kualitas pendidikan di lingkungan Mathla’ul Anwar,” kata Chusnul.

    Chusnul menambahkan bahwa output dari kegiatan ini adala siswa MAGS mendapatkan pengalaman yang berharga sehingga dapat meningkatkan rasa percaya diri, pengetahuan, dan kompetensi sebagai warga dunia.

    Selama 4 hari di Singapura dan Malaysia, siswa MAGS diperlihatkan bagaimana kultur dan habit (kebiasaan) di negara tersebut.

    “Dari kultur dan habit itu, siswa MAGS akan bercerita dan menularkan isnpirasinya kepada kawan – kawan mereka di Indonesia,” kata Chusnul.

    Selama di Singapura, rombongan MAGS menemui Mr. Harry Than dan Dr. Ummi Khodijah sebagai konsultan pendidikan yang telah banyak membantu Perguruan Mathla’ul Anwar Pusat.

    Baca juga :  Kenapa Pelajar di Finlandia Bisa Pintar?

    Di Malaysia, rombongan MAGS mengunjungi Kampus Kolej Genius Insan (KGI). Mereka disambut dengan baik dan hangat melalui sesi Getting to Know KGI, Galeri Reka Melayu dan Library Tour.

    MoA Perguruan MA Pusat dengan KGI Malaysia

    Terdapat lima program yang akan dijalin oleh Perguruan Mathla’ul Anwar Pusat Menes dengan KGI diantaranya:

    1. Study tour untuk siswa MAGS. Program ini direncanakan untuk siswa primary MAGS yang akan berlangsung selama 5-6 hari.

    2. Student exchange atau visiting study. Program ini bertujuan untuk memberikan pengalaman langsung bagaimana situasi dan proses belajar di KGI.

    Selama kurang lebih dua minggu, siswa primay MAGS akan merasakan environment study mulai bangun tidur sampai tidur kembali yang berlangsung secara boarding.

    3. Program pelatihan untuk tenaga pendidik atau guru melalui teacher student.

    Baca juga :  "Kartini Inspirasi Wanita Indonesia"

    Program ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi tenaga pendidik di MAGS khususnya untuk menciptakan budaya English environment.

    4. Training of the principle. Khusus untuk Kepala sekolah di MAGS juga diharapkan mendapatkan training bagaimana mengelola sebuah lembaga.

    Penguatan visi dan misi sebagai sekolah internasional, kurikulum internasional, dan juga sarana yang sangat terkait dengan peningkatan kualitas pendidikan.

    Ke depannya akan dilanjut dengan beberapa kepala sekolah dari unit Pendidikan di Mathla’ul Anwar Pusat Menes.

    5. Kerjasama dalam riset. Dalam visinya, KGI memfokuskan pada integrasi antara aqli dan naqli, sehingga seluruh kegiatan Pendidikan mengacu pada visi tersebut.

    Mathla’ul Anwar bisa mengirimkan siswa Senior High School untuk terlibat dalam proses riset dan diberikan pembekalan riset dari ahlinya.***

    Dokumentasi Edutrip MAGS

     72 total views,  2 views today

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.

    Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial